Menurut KBBI pengertian kesimetrian adalah seimbang (tentang bentuk, ukuran, dll) dan harmonis. Benda-benda yang simetris atau dengan pola tertentu biasanya memanjakan mata. Kita bisa memotret benda-benda yang simetris atau berpola untuk menarik perhatian penonton. Jadi apa maksud aturan simetri dalam fotografi?

Dalam komposisi fotografi, jika satu sisi gambar diseimbangkan atau sisi lainnya dipantulkan, aturan simetri dapat dicapai. Jika ditemukan simetri pada subjek yang akan difoto, letakkan di tengah untuk membuatnya menonjol sehingga fokus pemirsa tertuju padanya untuk menyempurnakan simetri.

Tentu saja, salah satu poin penting dalam mempelajari fotografi adalah mengetahui cara menemukan dan memotret simetri. Ini bukan hanya tip, tetapi juga melibatkan bagaimana melatih mata kita untuk melihat ke depan saat mengambil foto dengan berbagai cara. Namun demikian, sebelum kita membahas lebih lanjut cara mencari dan memotret simetri, perlu diketahui bahwa simetri yang terkait dengan fotografi di sini dapat berupa simetri rotasi, yaitu dalam bentuk persamaan tetap saat berputar, dan bilateral adalah a bentuk. Refleksi dari separuh lainnya. Tentu saja, kita dapat menganggap simetri sebagai pola, misalnya, simetri bilateral adalah pola yang diulang dua kali. Nah, karena itu sangat penting dan hanya sedikit orang yang tahu, tidak mungkin menemukan dan memotret simetri, kali ini kita akan membahasnya di sini, yang bisa memberikan referensi bagi sobat yang mengerti dunia fotografi.

Mengapa Anda perlu menerapkan aturan simetri atau aturan simetri dalam fotografi? Simetri membuat komposisi sangat menarik karena menambahkan keseimbangan visual dan harmoni pada gambar. Ini juga salah satu cara termudah dan paling menarik untuk menentukan komposisi sebuah foto.

Bagaimana cara menggunakan aturan simetri dalam fotografi untuk menentukan komposisi sebuah foto?

  1. Vertikal

Garis terlihat pada tengah subjek menurut atas ke bawah sebagai akibatnya membentuk sisi kiri dan sisi kanan yang sama besar. Carilah objek menggunakan garis vertikal misalnya lebih jelasnya arsitektur, pintu, jalan, pepohonan dll.

2. Horizontal

Garis yang terlihat pada tengah subjek menurut kiri ke kanan membangun sisi atas & sisi bawah yang serupa. Carilah objek menggunakan garis horizontal misalnya pantulan pada langit atau pada garis pantai.

Cara termudah untuk mendeskripsikan simetri dalam sebuah foto adalah jika Anda melipat foto simetris menjadi dua di sepanjang garis simetri, Anda akan mendapatkan dua foto yang identik. Simetri belum tentu sempurna. Faktanya, celah kecil yang simetris bisa sangat menarik. Inilah mengapa ini berhasil. Gambar simetris menarik: setelah perhatian pemirsa tertangkap dan mereka siap untuk mengamati dengan cermat, celah kecil simetri akan menarik perhatian mereka dan membuat mereka menikmatinya. Celah simetri juga memberi tekanan pada gambar dan secara otomatis membuatnya lebih menarik.

Apa yang Menarik dari Komposisi Simetri pada Fotografi?

Seperti menggunakan aturan komposisi lainnya, supaya gambar simetris menarik, komposisi wajib kuat. Pasti terdapat sesuatu yang menarik mata Anda ke gambar & menciptakan Anda ingin berlama-lama di sana. Titik penekanan yang kuat dapat menarik perhatian penonton & menarik minat mereka.

Keseimbangan Simetri dalam Fotografi

Simetri pada komposisi fotografi dicapai saat 2 bagian gambar mempunyai bobot yang sama. Ini pula dikenal menjadi keseimbangan formal, atau keseimbangan simetris. Namun, simetri ini nir wajib literal pada arti satu 1/2 gambar persis mencerminkan yang lain. Simetri pula bisa dicapai saat elemen yang tidak sinkron dipakai untuk tampil simetris. Simetri pada komposisi fotografi tidak perlu sebagai gambar cermin berdasarkan 2 bagian. Gambar bisa tampak simetris apabila ke 2 bagian terbuat berdasarkan elemen yang sama.

Bagaimana mencari simetri saat memotret?

Ketika Anda mulai mencari, Anda akan terkejut menggunakan betapa banyak simetri yang Anda lihat pada kurang lebih Anda, baik protesis insan & alami. Berikut merupakan beberapa inspirasi untuk membantu Anda memulai:• Rak-rak rilis baru pada toko buku• Deretan jendela• Satu rak penuh sepeda• Barisan lavender tumbuh pada ladang• Genangan air, danau, air datar