• Facebook
  • Twitter
  • Google+
  • Pinterest
Light Painting

Light painting atau melukis foto dengan cahaya, merupakan salah satu teknik dalam fotografi malam, yaitu dengan mengombinasikan antara cahaya dan fotografi yang menarik, sehingga kamera bisa merekam jejak cahaya yang kita buat dan membentuk beragam model sesuai keinginan kita. Dibutuhkan alat dan keterampilan untuk membuat karya seperti itu dan membuat painting light dan warna di dalam gelap. Menciptakan foto unik, tak harus dengan peralatan yang mahal. Dengan Smartphone pun mampu untuk menghasilkan foto yang menarik.

Sebelum Anda melakukan pemotretan, ganti kamera anda ke mode manual kemudian atur ISO rendah (100 hingga 200) tujuannya yaitu supaya kualitas foto lebih maksimaldan terhindar dari noise yang mengganggu. Cobalah untuk membuat pola dengan mengarahkan ke atas dan ke bawah atau dalam hal ini, buat pola sesuai yang diinginkan selama sekitar 10 detik supaya kamera tersebut bisa merekam jejak cahaya yang kita buat dan kemudian lepaskan tombol. Ingat semakin rumit model dan bentuk lukisan cahaya yang kita buat nanti, shutter speed yang dibutuhkan juga pasti lebih lama agar kamera bisa merekam semuanya.

Sebaiknya menggunakan Tripod untuk menghasilkan foto yang tajam dan tidak berbayang atau malah abstrak. Selain itu tripot sangat membantu jika Anda sendirian saat memotret.

Alat – alat yang dibutuhkan untuk memotret light painting :

  1. Kamera DSLR atau Smartphone
  2. Tripod
  3. Senter atau yang lainnya

Teknik light painting :

  1. Ganti kamera ke mode manual
  2. Atur ISO rendah 100-200
  3. Atur shutter speed 10-30 detik
  4. Pilih tempat atau lokasi yang gelap dan luas
  5. Siapkan tripot
  6. Siapkan lampu senter atau flash eksternal dari smartphone
  7. Model

Setelah mempersiapkan beberapa alat diatas, saatnya mulai menerapkan tekniknya secara bertahap. Sehingga akan menghasilkan foto yang cantik dan sesuai yang diinginkan. Jika masih gagal silakan dicoba berkali-kali agar mendapatkan hasil yang diharapkan.

Satu tips yang penting untuk diingat jika menggunakan teknik ini, yaitu memastikan bahwa tidak ada cahaya lain di sekitar yang bisa mengganggu dan mengenai sang model. Makanya foto ini kami jepret pada saat menjelang malam.