Menjadi anak magang di Radio Suara Muslim membuat saya belajar banyak mengenai dunia multimedia serta broadcasting. Memang pekerjaan saya lebih cenderung pada bidang promosi seperti desain. Tetapi disi saya juga mendapatkan project untuk membuat konsep suatu iklan layanan masyarakat serta membuat script untuk suatu program siaran radio. Sehingga sedikit banyak saya dapat belajar mengenai dunia broadcasting.

Hari pertama di minggu kedua ini saya mendapatkan tugas untuk membuat script program siaran. Nama program siarannya adalah Islam Around The World . Sebenarnya di minggu sebelumnya saya juga mendapatkan tugas untuk membuat script untuk program siaran ini. Terdapat dua hal yang paling penting dalam membuat script siaran radio. Pertama, Write the way you talk. Script merupakan panduan seorang penyiar dalam melakukan siaran, sehingga lebih baik jika kata-kata yang ada pada script sebisa mungkin menggunakan bahasa yang komunikatif. Kedua, apa yang kita tulis harus lah dapat dipertanggung jawabkan karena, informasi tersebut akan didengarkan oleh orang banyak dan dapat mempengaruhi pendengar.

Hari kedua di minggu kedua, tepatnya hari selasa tanggal 31 Juli 2018. Saya mendapatkan tugas untuk membuat sebuah iklan layanan Masyarakat dalam rangka hari ulang tahun Republik Indonesia. Tugas membuat iklan yanan masyarakat ini bukan tugas individu. Saya mengerjakan tugas ini dengan partner magang saya yang bernama I’in. Pesan dari iklan yanan masyarakat ini adalah menjaga persatuan dan kesatuan. Kami membuat dua versi iklan yaitu dalam bentuk dialog dan monolog. Tidak hanya sekedar membuat script atau konsep iklan, kami juga ditugaskan untuk membuat VO (Voice Over).

Hari berikutnya saya mendapatkan tugas untuk membuat animasi logo Radio Suara Muslin dalam bentuk 3D. Saya diminta untuk membuat dua versi animasi logo. Tugas ini baru diberikan pada saat siang hari setelah kegiatan presentasi hasil project sebelumnya. Sehingga saya langsung bergegas untuk membuat konsep animasi dan mengerjakannya.

Sebenarnya pada minggu ini kami bertiga yaitu saya Arjun dan I’in mendapatkan tugas untuk membuat bank foto narasumber program. Sehingga dalam satu minggu ini kamu secara bergantian menjadi fotografer untuk program siaran. Dibawah ini merupakan salah satu hasil foto narasumber yang saya ambil.

  • Facebook
  • Twitter
  • Google+
  • Pinterest