4210181017
Muhammad Shodiqul Ihsan
D4 Teknologi Game 2018
Mata Kuliah Bahasa Indonesia

Game edukasi merupakan media alternatif untuk mengenalkan komputer kepada anak-anak karena game banyak disukai oleh anak-anak dan juga merupakan sebuah media pembelajaran yang efektif. Game Edukasi atau Permainan Pendidikan merupakan permainan yang dirancang khusus untuk mengajarkan pengguna tentang sesuatu hal. Manfaat lain adalah aspek kecerdasan dan refleks saraf yang sebenarnya juga sedikit banyak terasah dalam sebuah game. Dengan belajar melalui visualisasi yang menarik. Diharapkan semangat untuk belajar tentang komputer lebih termotivasi. Karena selalu dimainkan berulang-ulang dan terus menerus sampai para pemain game merasa puas, maka dengan sendirinya materi-materi yang disampaikan akan mudah dicerna dan dimengerti oleh pemain game.

Dewasa ini media pembelajaran sudah mengalami banyak variasi seiring dengan perkembangan teknologi. Penggunaan komputer dalam berbagai media pembelajaran merupakan salah satu wujud dari perkembangan teknologi dalam dunia pendidikan. Ariesto Hadi Soetopo (2012) menyatakan bahwa media pembelajaran berbasis komputer merupakan suatu media pembelajaran yang menggunakan komputer sebagai alat bantu utama dalam proses penyampaian materi pada proses pembelajaran. Alat bantu yang bisa digunakan tersebut bisa berupa tutorial, simulasi, dan game atau permainan. Dengan alat bantu menggunakan komputer tersebut diharapkan proses pembelajaran bisa berjalan lebih variatif dan tidak membosankan sehingga dapat meningkatkan hasil belajar mahasiswa. Salah satu teknologi berbasis komputer yang sedang dikembangkan saat ini adalah permainan atau games. Rusman, dkk (2013:19-20) menyatakan bahwa permainan sebagai media pembelajaran dapat membuat suasana pembelajaran menjadi lebih menyenangkan dan dapat mengurangi kejenuhan terhadap informasi atau materi yang disampaikan oleh dosen kepada mahasiswa. Game yang dibuat sebagai media pembelajaran diharapkan akan memberikan dampak terhadap mahasiswa untuk belajar aktif dalam selama proses pembelajaran.

Teknologi Pendidikan berperan utama sebagai disiplin ilmu yang memfasilitasi pembelajaran agar terjadi secara efektif dan efisien. Association for Educational Communications and Technology (AECT) telah mengkaji dan mengembangkan definisi Teknologi Pendidikan seiring perkem-bangan paradigma belajar dan kemajuan teknologi itu sendiri. Teknologi Pendidikan telah berkembang dari anggapan sebagai keterampilan menjadi profesi dan bidang kajian (Seels & Richey, 1994, p. 117). Saat ini bidang Teknologi Pendidikan telah memiliki wilayah garapan dan profesi, serta be-racuan teori dan praktik secara jelas. Di samping itu, tujuan bidang juga meluas pada peningkatan kinerja profesional, se-hingga tidak hanya terbatas pada masalah pembelajaran di lembaga pendidikan. Teknologi Pendidikan dapat beroperasi di mana belajar itu diperlukan, baik oleh perorangan, kelompok, maupun organisasi (Miarso, 2013, p. 700).

Game edukasi sangat menarik untuk dikembangkan. Ada beberapa kelebihan dari game edukasi dibandingkan dengan metode edukasi konvensional. Salah satu kelebihan utama game edukasi adalah pada visualisasi dari permasalahan nyata. Massachussets Insitute of Technology (MIT) berhasil membuktikan bahwa game sangat berguna untuk meningkatkan logika dan pemahaman pemain terhadap suatu masalah melalui proyek game yang dinamai Scratch. Berdasarkan hasil penelitian sebelumnya, tidak diragukan lagi bahwa game edukasi dapat menunjang proses pendidikan. Game edukasi unggul dalam beberapa aspek jika dibandingkan dengan metode pembelajaran konvensional. Salah satu keunggulan yang signifikan adalah adanya animasi yang dapat meningkatkan daya ingat sehingga anak dapat menyimpan materi pelajaran dalam waktu yang lebih lama dibandingkan dengan metode pengajaran konvensional.

Daftar Pustaka

Fahrurozie, A. (2019). Perancangan Aplikasi Game Edukasi Pengenalan Komputer untuk Anak Didik Usia Sekolah Dasar.
Haryanto, Pratama, U. N. (2018). Pengembangan Game Edukasi Berbasis Android Tentang Domain Teknologi Pendidikan.
Hertanto, D. B., Khairudin, M., Nugraha, A. C. (2017). Rancang Bangun Game Edukasi Sebagai Media Pembelajaran Mata Kuliah Praktik Teknik Digital.
Vitianingsih, A. V. (2016). Game Edukasi Sebagai Media Pembelajaran Pendidikan Anak Usia Dini.