Saat ini banyak orang yang suka untuk memotret benda atau pemandangan. Jika anda sudah jenuh dengan objek foto yang biasa-biasa saja. Nah, sekarang mari coba teknik fotografi menggunakan light painting. Teknik ini cocok untuk dilakukan dimana saja, seperti di luar ruangan dan di dalam ruangan. Apalagi jika anda sekarang ingin memotret hal baru tapi tidak bisa berpergian dari rumah, teknik ini boleh dicoba.

Foto light painting adalah salah satu kreasi foto dimana memanfaatkan shutter speed lambat, sehingga kamera bisa merekam jejak cahaya yang dibuat dan membentuk beragam model sesuai keinginan. Teknik ini bisa untuk memotret sendiri, orang lain maupun benda disekitar. Foto light painting akan bermain dengan cahaya dan memainkan hingga membentuk suatu gambar atau tulisan. Biasanya para fotografer memotret konsep light painting dengan kamera DSLR karena settingan kameranya yang lengkap. Namun,teknologi semakin canggih dan maju, kamera smartphone juga semakin canggih, tak kalah dengan kamera DSLR.

Sekarang kita bisa memotret dengan teknik light painting dengan menggunakan handphone. Bagaimana caranya? simak cara berikut.

Pertama, siapkan objek atau benda serta konsep yang akan difoto. Lalu cari tempat yang gelap atau minim cahaya untuk memfoto. Jika akan memotret di luar ruangan, maka harus dilakukan di malam hari. Kemudian unduh aplikasi Camera FV-5 di playstore. Camera FV-5 merupakan aplikasi kamera yang memiliki banyak fitur untuk menunjang kebutuhan fotografi seperti misalnya untuk mengatur iso dan shutter speed. Kita akan setting shutter speed (S) dengan waktu 5-20 detik atau sesuaikan waktu sesuai kebutuhan saat memotret. Lalu, atur WB di mode bulb dan atur ISO menjadi 100. Setelah di atur semua, kemudian bisa mulai dilakukan pengambilan gambar. Saat memencet tombol kamera sesuai waktu yang sudah ditentukan, lalu lakukanlah menggambar menggunakan senter sebagai cahaya di dekat objek atau benda yang sudah disiapkan. Handphone harus dalam posisi stabil dan tidak mudah goyang karena akan mempengaruhi hasil akhir foto itu. Untuk hasil yang maksimal bisa menggunakan tripod agar kamera tidak goyang.

Berikut hasil foto dengan menggunakan teknik light painting dengan smartphone :

  • Facebook
  • Twitter
  • Google+
  • Pinterest

Silakan mencoba memfoto dengan memakai light painting dengan memakai smartphone. Semakin kreatif konsep yang diusung maka semakin bagus hasil foto yang didapatkan.

Semoga artikel ini dapat berguna dan bermanfaat. Sekian dan terimakasih.