• Facebook
  • Twitter
  • Google+
  • Pinterest

Pencahayaan menjadi salah satu hal yang terpenting dalam dunia fotografi. karena, sejatinya fotografi itu ibarat melukis dengan cahaya. Membahas tentang pencahayaan, Fotografi mempunyai banyak sekali teknik pencahayaan. salah satunya yakni teknik Split Lighting.

Apa itu Teknik Split Lighting ?

Split lighting merupakan sebuah teknik pencahayaan fotografi yang dapat menghasilkan kesan dramatis dengan bentuk pencahayaan yang terbagi menjadi separuh wajah subjek terang, sedangkan separuh lainnya dibiarkan gelap. Teknik pencahayaan ini tergolong sangat unik dibandingan dengan teknik pencahayaan yang lain, sehingga dapat menambahkan nilai tampilan dan nuansa yang berbeda pada foto. Teknik ini sering digunakan untuk mendramatisasi foto musisi dan seniman karena keunikannya.

Sisi terang wajah yang memperlihatkan strukturnya dan sisi gelap wajah yang tak berstruktur seolah-olah wajah subjek mempunyai kepribadian ganda. tentu hal ini akan menjadi sangat menarik untuk pecinta fotografi yang menyukai keunikan. terlebih, jika teknik fotografi ini dikombinasikan dengan sebuah properti-properti lain seperti halnya topeng. Terbayangkan sebuah hasil yang mempunyai nilai seni yang tinggi.

Pencahayaan split termasuk dalam kategori pengaturan pencahayaan dasar karena hanya diperlukan satu sumber cahaya. jadi, teknik split lighting hanya diperlukan satu lampu saja. Untuk menerapkan teknik ini, sumber cahaya / lighting diletakkan 90 derajat di sisi kanan atau kiri subjek. usahakan posisi lampu sejajar dengan posisi wajah agar hasil terlihat lebih sempurna. untuk gambar tata letak teknik split fotografi sebagai berikut :

Pada letak posisi diatas terlihat bahwa sumber cahaya yang terletak pada sebelah kanan objek dan letak kamera yang berada di depan objek. untuk menyeimbangkan cahaya subjek terkadang harus menyesuaikan tempat sehingga mendapat cahaya split yang balance. tata letak seperti ini sudah menjadi cirikhas dari teknik split.

Teknik tambahan untuk diterapkan pada pencahayaan split yang juga tak kalah menarik bagi saya yakni dengan menggunakan background hitam sehingga subjek terlihat natural dan bisa lebih fokus pada sisi wajah serta menambahkan efek seperti black and white atau contras.

  • Facebook
  • Twitter
  • Google+
  • Pinterest

Menurut saya, teknik split lighting ini sangat menarik dan lebih menjiwai seni dalam bidang fotografi model. melihat saya sendiri juga hobi dan sangat suka dalam dunia seni. sebenarnya teknik split lighting ini tidak sulit untuk diterapkan bagi fotografer pemula. hanya saja, kita harus mengetahui titik balance pada teknik ini. mengulang-ulang hasil potret bukan hal yang salah. bahkan, menurut saya itu merupakan hal yang harus digunakan dalam fotografi. memotret dengan hasil sebanyak-banyaknya untuk dapat dipilih hasil yang terbaik itu merupakan salah satu prinsip fotografi yang saya gunakan hingga saat ini.