Aplikasi Pembelajaran online ETHOL (Enterprise Technology Hybrid Online Learning)

– 

  • Facebook
  • Twitter
  • Google+
  • Pinterest

 Perkuliahan dengan sistem daring (online) yang diterapkan oleh Politeknik Elektronika Negeri Surabaya (PENS) selama masa tanggap darurat Corona Virus Disease (Covid-19) yakni sejak 17 Maret berjalan cukup efektif. Antara dosen dan mahasiswa saling terkoneksi melalui aplikasi besutan PENS sendiri yaitu ETHOL.

  • Facebook
  • Twitter
  • Google+
  • Pinterest

Aplikasi ETHOL ini dapat di akses dari hp maupun laptop dan kompatibel dengan web browser manapun.Utuk Tampilanya sangat mudah di pahami dan User frendly.

Aplikasi ETHOL memliki Banyak fitur yang disediakan. Terdapat absensi video melalui BIgbluebutton yang tersedia dan dapat mengumpulkan tugas dengan cepat. Selain itu tersedia fitur materi yang dapat di download mahasiswa untuk pembelajaran dan mempunyai sistem pelajaran yang diambil semester ini otomatis terhubung serta memiliki informasi pengumuman dan peserta yang sedang mengikuti pelajaran.

  • Facebook
  • Twitter
  • Google+
  • Pinterest

Apa itu BBB (Big Blue Button)

BigBlueButton adalah sistem konferensi web perangkat lunak gratis untuk server GNU / Linux . Selain berbagai layanan konferensi web, ia memiliki integrasi untuk banyak pembelajaran utama dan sistem manajemen konten. BigBlueButton adalah anggota afiliasi dari Open Source Initiative .

BigBlueButton menerapkan fitur konferensi web inti yang Anda harapkan dalam sistem komersial, di bawah lisensi sumber terbuka. Fitur inti ini mencakup berbagi audio / video, presentasi dengan kemampuan papan tulis yang diperluas – seperti penunjuk, zooming dan menggambar – obrolan publik dan pribadi, ruang breakout, berbagi layar, VoIP terintegrasi menggunakan FreeSWITCH , dan dukungan untuk presentasi dokumen PDF dan Microsoft Office dokumen.

BigBlueButton adalah klien HTML5 murni. Ini menggunakan dukungan browser untuk komunikasi web real-time WebRTC untuk mengirim / menerima audio, video, dan layar.

Dalam sesi BigBlueButton ada dua jenis pengguna: penonton (penonton di beberapa wilayah) atau moderator.

Sebagai pemirsa, pengguna dapat bergabung dalam konferensi suara, berbagi webcam mereka, mengangkat tangan, dan mengobrol dengan orang lain. Sebagai moderator, pengguna dapat menonaktifkan / mengaktifkan orang lain, mengeluarkan pengguna mana pun dari sesi ini, dan menjadikan pengguna mana pun sebagai presenter saat ini. Presenter dapat mengunggah slide dan mengontrol presentasi.

Dalam aplikasi ethol ini dalam awal pekan kuliah daring dalam penyampaian materi kurang maksimal, namun sepekan terakhir ini sudah berjalan lancar. “Untuk sistem absen bisa di lihat dari jumlah mahasiswa yang login pada aplikasi. 

Tujuannya selain untuk mengabsen sekaligus juga menanyakan dan mengecek kabar kesehatan mahasiswa, dan menanyakan dimana posisi mereka saat mengikuti kuliah daring tersebut. Maka dari itu kami berharap covid-19 ini bisa teratasi, kondisi pulih seperti sebelumnya dan kegiatan perkuliahan berjalan normal kembali.