Proses identifikasi psikologi dapat dilakukan dengan banyak pendekatan, salah satunya adalah dengan cara menganalisa cara menulis yang termasuk dalam bidang graphology. Mengenali jenis kepribadian memberikan manfaat tidak hanya untuk diri sendiri, namun juga dapat di terapkan pada lingkungan kerja salah satunya adalah penempatan bagian berdasarkan komposisi dan kecocokan karakter individu. Hasil tes psikologi masih dapat dikembangkan dalam bidang lainnya yang tentunya di sesuaikan dengan kebutuhan masing-masing. Karena memahami karakter seseorang sangat penting karena hal tersebut akan menentukan cara berinteraksi sosial [1].

Teknologi mobile adalah teknologi yang saat ini sangat mudah ditemukan. Perkembangan mobile phone yang selalu meningkat secara performa dan penampilan, serta mampu memperkecil ruang yang diperlukan sehingga mampu membawa lebih banyak fungsi dalam sebuah gadget tentunya dapat di manfaatkan untuk menjadi platform program yang diperlukan dalam skala luas dan mudah diakses.

Mengingat bahwa tidak semua orang mampu menganalisa kepribadian seseorang [2]. Maka proses identifikasi dapat dikembangkan dalam teknologi lain yaitu mobile phone. identifikasi kepribadian seseorang dapat dilakukan dengan menggunakan graphology. Graphology adalah bidang keilmuan yang mempelajari tentang cara menulis seseorang.Salah satunya adalah untuk mengidentifikasi kepribadian dengan melakukan image-processing [3] pada tulisan tangan seseorang melalui aplikasi mobile phone. Dengan membuat aplikasi untuk mengenali tulisan tangan seseorang, maka kemudahan untuk mengenali kepribadian sesorang melalui tulisan dapat dimiliki oleh penggunanya.

Dalam pembuatan teknologi pengenalan tulisan tangan sesorang dengan menggunakan image-processing diperlukan banyak parameter diantaranya adalah  jarak penulisan, posisi, ukuran dan jarak antara kata dalam penulisan [4]. Namun dengan proses pengolahan data yang di komputasi secaradigital akan memberikan hasil yang konsisten, akurat dan menyerupai hasil analisa seorang ahli dari bidang graphology.

Dengan pengembangan aplikasi ini, diharapkan akan mempengaruhi kinerja kerja karena dengan mengenali jenis kepribadian seseorang akan dapat memilah karakter untuk kecocokan pekerja dan dapat mengembangkan pribadi masing-masing.

Daftar Pustaka

[1] Asti Musman, “Trik Membaca Karakter Orang Lewat Tulisan Tangan”, Yogyakarta: PsikoPedia, 2016.

[2] Kukuh Adi Prasetyo, Nana Ramadijanti, Achmad Basuki, “Mobile Application For Identifying Personality of Person Using Graphology,”  International Electronics Symposium on Knowledge Creation and Intelligent Computing (IES-KCIC), vol. 17, no. 1, p. 220-227, 2017.

[3] Kukuh Adi Prasetyo, Nana Ramadijanti, Achmad Basuki, “Mobile Application For Identifying Personality of Person Using Graphology,”  International Electronics Symposium on Knowledge Creation and Intelligent Computing (IES-KCIC), vol. 17, no. 1, p. 220-227, 2017.

[4] Kukuh Adi Prasetyo, Nana Ramadijanti, Achmad Basuki, “Mobile Application For Identifying Personality of Person Using Graphology,”  International Electronics Symposium on Knowledge Creation and Intelligent Computing (IES-KCIC), vol. 17, no. 1, p. 220-227, 2017.