Kami mengusulkan toleransi jarak antara tangan pengguna adalah 20 hingga 50 cm di atas perangkat Leap Motion.

Dari segi interaksi Leap Motion juga sangat interaktif, karena pengguna dapat memindahkan objek seolah-olah langsung menggerakkannya dengan tangannya sendiri.

Kata kunci- psikomotor; Gerakan Lompatan; pelacakan kerangka; pembelajaran pengembangan game I. PENDAHULUAN Inovasi adalah tindakan menciptakan ide atau produk baru.

II. TEORI DASAR A. Perangkat Leap Motion Pengontrol Leap Motion adalah perangkat periferal USB kecil yang dirancang untuk ditempatkan pada desktop fisik, menghadap ke atas.

Biasanya, satu-satunya objek yang akan Anda lihat adalah yang secara langsung diterangi oleh LED Pengendali Gerakan Lompatan.

Gambar Hasil Dari Kamera Leap Motion C. Kit Pengembangan Perangkat Lunak Leap Motion dalam Unity Sistem pengontrol Leap Motion terdiri dari perangkat keras dan komponen perangkat lunak yang berjalan sebagai layanan atau daemon pada komputer host.

Skrip yang disertakan dengan plugin menerjemahkan koordinat Leap Motion ke sistem koordinat Unity.

Area Interaksi Leap Motion Dari perspektif hardware, Leap Motion Controller sebenarnya cukup sederhana.

Jangkauan tampilan Leap Motion Controller dibatasi sekitar 2 kaki di atas perangkat.

3 adalah sistem koordinat kidal Unity yang ditumpangkan pada perangkat Leap Motion dalam orientasi desktopnya.

Unity menggunakan konvensi kidal untuk sistem koordinatnya, sedangkan Leap Motion API menggunakan konvensi tangan kanan.

Area Interaksi Leap Motion Selain itu, interaksi Leap Motion dibagi menjadi dua area, yaitu “Area Hover” dan “Area sentuh”.

Perangkat Leap Motion juga mendukung event touch and hover layaknya mouse.

Leap Motion merupakan perangkat yang dapat membaca dan melacak jari-jari manusia.

Dari data tersebut, jari manusia akan dimodelkan dengan Leap Motion.

Kalibrasi tersebut juga dapat menjaga sambungan antara tangan dan perangkat Leap Motion agar tetap sesuai dengan spesifikasinya.

Gambar di bawah ini dapat menjelaskan bahwa node dilacak oleh Leap Motion.

Gambar 5 memperlihatkan ilustrasi interaksi antara perangkat Leap Motion dan input yang dihasilkan oleh pengguna.

Leap Motion membuat bidang yang tidak terlihat sehingga jika pengguna berada di depan perangkat Leap Motion, seolah-olah pengguna berada di depan komputer.

Fitur utama dari perangkat Leap Motion adalah pelacakan posisi.

Perangkat Leap Motion akan melacak posisi tangan yang diwakili oleh setiap node.

Metode pelacakan kerangka pada Leap Motion dapat mencontoh tangan manusia, sehingga pengguna dapat bermain seolah-olah menggunakan tangannya sendiri.

Pengujian intensitas cahaya digunakan untuk mengetahui tingkat kebisingan yang dihasilkan dari cahaya perangkat Leap Motion.

REFERENCE

[1] E. Mohamed and E. Jacqueline, “Importance of psychomotor
development for innovation and creativity”, International Journal of
Process Education, June 2012, vol. 4 issue 1.
[2] D.J. Treffinger, S.G. Isaksen, R.L. Firestien, “Theoritical perspective on
creative learning and its facilitation: An overview”, The Journal of
Creative Behaviour, 1983, 17(1), 9-17.
[3] H. Rugh and A. Shumaker, “The child-centered school”, New York:
World Book. 1928.
[4] A.W. Combs, “Perceiving, behaving, becoming: A new focus for
education”, Washington, DC: Association Supervision and Curriculum
Development, NEA, 1962.
[5] H.P. Cole, “Process education”, Englewood Cliffs, NJ: Edicational
Technology Publication, 1972.
[6] A. Rizcky, R. Nana, and A. Fernando, “Tetris game control using hand
movement”, Electronic Engineering Polytechnic Institute of Surabaya,
2011.
[7] H. Sony, H.S. Djoni, S. Gregorius, and I. Rolly, “Game software
stacking-block MEGA BLOKS 3 dimensions for children,” Universitas
Kristen Petra, 2006.
[8] R. Yeni and M. Ledis, “Perancangan perangkat lunak game Word
Tetris,” STMIIK IBBI.
[9] W. Frank, B. Daniel, R. Bartholomaus, and F. Denis, “Analysis of
accuracy and robustness of the leap motion controller”. Dortmund:
Department of Computer Science VII, Technical University Dortmunt,
2013, PMC3690061.
[10] P. Johnny, “Leap motion teardown in macro HD”, youtube [online] July
27, 2013, Cited: January 9, 2016.
[11] T. Daniel, “Leap motion: 3D hand-free motion control”, Unbound,
CNET, 2012.
[12] M. Buckwald, et al, “Introducing the skeletal tracking model”, Leap
Motion Inc, Cited: January 9, 2016.
[13] NN, “How does leap motion controller work? Blog leap motion”, Leap
Motion Inc, August 9, 2014.
[14] M. Buckwald, et al, “Unity plugin overview”, Leap Motion Inc, Cited:
January 9, 2016.
[15] H. Purkait, et.al, “Leap motion controlled robotic arm”, Wayne State
University, 2013.