4210181005
D4 – Teknologi Game 2018
Muhammad Rizal Fauzi Wahyu Putra

Media pembelajaran merupakan aspek penting penunjang proses belajar, salah satu media pembelajaran yang saat ini sedang berkembang pesat adalah game. Kata game (permainan) sangat akrab di telinga semua orang terutama dikalangan anak-anak, permainan menjadi keseharian bagi mereka untuk mengisi waktu luang ataupun waktu istirahat setelah belajar.

Periode paling sensitif terhadap bahasa dalam kehidupan seseorang adalah antara umur dua sampai tujuh tahun. Segala macam aspek dalam berbahasa harus diperkenalkan kepada anak sebelum masa sensitif ini berakhir. Bermain adalah cara yang tepat dalam upaya mengajarkan Bahasa Inggris untuk anak-anak, game membuat mereka tidak menyadari bahwa waktu berjalan cepat dan melalui itu mereka tidak merasa sebenarnya mereka belajar (Khairani, 2011).

Menurut Randel (1991), game sangat berpotensi untuk menumbuhkan kembali motivasi belajar anak yang mengalami penurunan. Berdasarkan penelitian yang dilakukan oleh Randel pada tahun 1991 tercatat bahwa pemakaian game sangat bermanfaat pada materimateri yang berhubungan dengan matematika, fisika dan kemampuan berbahasa (seperti studi sosial, biologi dan logika).


Salah satu metode yang dapat digunakan guru dalam pelaksanaan pembelajaran bahasa Inggris ialah Respon Psikomotorik Menyeluruh (Total Physical Respons atau TPR). Pelaksanaan pembelajaran dalam metode TPR ini mengutamakan kegiatan yang berhubungan langsung dengan kegiatan fisik (physic) dan gerakan (movement) yang memungkinkan terciptanya pembelajaran bahasa Inggris yang efektif dan menyenangkan bagi anak. Pelaksanaan metode TPR yang dapat dikemas melalui kegiatan-kegiatan yang melibatkan aktivitas tubuh memungkinkan guru untuk menggunakan strategi bermain aktif dalam mengadakan pembelajaran bahasa Inggris bagi anak usia dini (Puspita, 2013).

Salah satu contoh metode Total Physical Respons (Respon Psikomotorik Menyeluruh) yang diadaptasikan ke dalam bentuk permainan, yaitu Snake and Ladder. Dalam penelitian Irawan, Andjarwirawan, Yulia (2018), game edukasi belajar bahasa inggris disipkan dalam permainan ular tangga, dimana ketika pemain mencapai titik tertentu akan memunculkan mini puzzle game yang mengharuskan player untuk menyelesaikan puzzle bahasa inggris tersebut dengan cara menggerakkan smartphone player ke arah yang ditentukan sehingga terjadi sebuah Respon Psikomotorik Menyeluruh dalam permainan tersebut.

Daftar Pustaka

Khairani, Ade Irma. (2011). Pendidikan Bahasa Inggris Untuk Anak Usia Dini.

Randel, (1991). Manfaat Pemakain Game.

Puspita, Rima. (2013). Antologi PGPAUD Volume 1, Nomor 3, Oktober 2013.

Irawan,Fernando., Andjarwirawan, Justinus., Yulia. (2018). Aplikasi Game Edukasi Pengenalan Kosakata Bahasa Inggris Berbasis Mobile