Politeknik Elektronika Negeri Surabaya (PENS) membuat terobosan baru dengan membuka dua program studi baru yang berorientasi pada masa depan yaitu Program Studi Teknologi Rekayasa Multimedia dan Program Studi Teknologi Rekayasa Internet. Hal ini bisa disebut sebagai terobosan baru karena kedua program studi ini menawarkan kemampuan yang sangat dibutuhkan dalam kemajuan teknologi saat ini.

Acara Launching dari pembukaan kedua program studi ini dihadiri dan dibuka langsung oleh Dirjen Diksi (Pendidikan Vokasi), Wikan Sakarinto, yang berlangsung di Ruang Inovasi Gedung Pascasarjana PENS, Kamis (22/4). Saat membuka acara tersebut, Wikan Sakarinto berharap bahwa kedua program studi tdak hanya mampu memenuhi kebutuhan tenaga kerja masa kini, tetapi juga mampu memberikan keterampilan yang emerging dan membawa perubahan kemajuan di masa depan.

Program Studi Teknologi Rekayasa Multimedia mempunyai profil lulusan beropa Multimedia Content Creator, Multimedia Apps Developer dan Multimedia Network Enginer. Hal ini merupakan hal yang menarik, mengingat saat ini content creator hanya dipahami sebagai pembuat konten berupa video dan animasi, padahal masih banyak konten yang lain seperti aplikasi interaktif, media pembelajaran interaktif seperti papan interaktif dan lightboard, dan juga media untuk fintech dan lainnya. Pemahaman UI/UX juga menjadi hal yang penting dalam menghasilkan konten yang baik. Program Studi ini juga memberikan kemampuan teknologi virtual seperti Virtual Reality (VR) dan Augmented Reality (AR), serta IoT di bidang multimedia. Seperti kata Wikan Sakarinto bahwa saat ini memilih program studi harus lebih mempertimbangkan passion. Program studi ini sangat cocok dalam mengembangkan passion di bidang teknologi multimedia.

Program Studi Teknologi Rekayasa Internet juga tidak kalah menariknya. Dengan profil lulusan seperti Internet Developer, Internet Network Enginer, Network Security Enginer, Could Computing Enginer dan Mobile and IoT Enginer, program studi ini menawarkan kemampuan yang sangat dibutuhkan saat ini, Teknologi internet adalah kemampuan yang harus dimiliki untuk bisa bertahan di dunia industri. Kemampuan di bidang Network Security, Cloud Computing dan IoT adalah kemampuan yang mampu mempengaruhi kemajuan teknologi saat ini dan masa depan.

Adanya dua program studi baru ini, PENS diharapkan mampu berkonstribusi dalam kemajuan di bidang teknologi. Tidak hanya itu, dengan apa yang dimiliki PENS saat ini, hal ini menjadi terobosan baru untuk membawa angin segar di dunia pendidikan vokasi.