Sejarah adalah catatan masa lalu tentang perubahan kehidupan dari manusia yang terus berkembang. Dalam perkembangannya, perubahan perubahan yang tercatat dalam sejarah akan memberikan pelajaran bagi kehidupan manusia di masa yang akan datang. Salah satunya adalah kisah Perjalanan Patih Gajah Mada di Kerajaan Majapahit yang terkenal dengan sumpahnya yaitu Sumpah Palapa. Pada penelitian ini, dilakukan pengembangan game edukasi tentang Perjalanan Gajah Mada menyatukan Nusantara dengan game platformer yang menyenangkan dan interaktif untuk anak anak agar mudah dalam belajar Sejarah khususnya Kisah Patih Gajah Mada dengan Sumpah Palapanya. Hasil dari pengujian fun testing yang diambil dari kuisioner yang diisi oleh 20 responden dihitung dengan menggunakan interpretasi indeks dari skala Likert didapatkan hasil yaitu keseluruhan game yang disajikan adalah 81%, Tampilan pada game yakni 100%, tingkat keseruan game 83%, dan tingkat kesulitan game 63%.

Pengetahuan Kedisiplinan di Jalan Raya ini akan membantu anak memperjelas tentang beberapa pemahaman yang telah dimilikinya tentang rambu-rambu lalu litas seperti dilarang belok kanan/kiri, stop. Research And Development adalah metode penelitian yang digunakan untuk menghasilkan produk tertentu, dan menguji keefektifan produk tersebut Kegiatan belajar tidak lagi dilakukan pada kelas-kelas yang terbatas dengan ruang dan waktu. Revolusi ini memicu lahirnya sebuah inovasi, produk-produk yang membantu terwujudnya kemudahan belajar. Dalam hal ini, peneliti akan mengembangkan sebuah produk pembelajaran berupa game edukasi mengunakan unity 3d berdisiplin bersepeda di jalan raya pada anak usia 8-11 tahun. 3D berdisiplin bersepeda di jalan raya pada anak usia 8-11 tahun menunjukkan hasil yang dapat dikriteriakan baik/layak. Perolehan kriteria baik/layak menjelaskan bahwa produk yang telah dibuat sesuai dengan kajian, yakni ruang lingkup kedisiplinan, rambu lalu lintas, karakteristik siswa, prinsip pengembangan game edukasi, dan teori belajar yang melandasi pengembangan game edukasi. Tahun memiliki nilai B dan masuk dalam kriteria penilaian Baik. Pada validasi ahli media menempuh 2 tahap hingga ahli media menyatakan produk validasi ahli media tahap 1 diperoleh ratarata skor 3,14. Sedangkan pada tahap 2 menjadi 4,04 sehingga Game edukasi berbasis unity 3D untuk meningkatkan pengetahuan kedisiplinan bersepeda di jalan raya pada anak usia 8-11 tahun yang dikembangkan memiliki nilai B dan masuk dalam kriteria penilaian Baik. Tidak ada revisi dari hasil uji coba lapangan awal, sehingga dilanjutkan pada tahap uji coba lapangan. Tidak ada revisi dari hasil uji coba lapangan, sehingga dilanjutkan pada tahap uji pelaksanaan lapangan. Bagi anak, hendaknya anak dapat menggunakan Game edukasi bersepeda di jalan raya pada anak usia Tahun sebagai salah satu sumber belajar mandiri dan menyenangkan agar dapat memotivasi dan memudahkan anak dalam menyelamatkan diri sendiri maupun orang lain dalam menggunakan jalan raya.

Salah satunya melalui media pembelajaran yang berfungsi untuk mengenalkan tentang penyakit gigi. Multimedia Pembelajaran Interaktif, yakni media pembelajaran yang merupakan gabungan dari berbagai media yang dirangkai secara terpadu dan interaktif untuk menyampaikan pesan yang terkait dengan pembelajaran tertentu . Multimedia Pembelajaran Interaktif, yakni media pembelajaran yang merupakan gabungan dari berbagai media yang dirangkai secara terpadu dan interaktif untuk menyampaikan pesan yang terkait dengan pembelajaran tertentu . Dalam menunjang multimedia interaktif, salah satu teknologi yang sangat bermanfaat dalam pembelajaran adalah Augmented Reality, penggunaan teknologi AR juga berkembang pesat dalam menunjang pembelajaran dalam dua dekade terakhir dari sisi penggunaan, manfaat, fitur dan keefektifan. Dalam menunjang multimedia interaktif, salah satu teknologi yang sangat bermanfaat dalam pembelajaran adalah Augmented Reality, penggunaan teknologi AR juga berkembang pesat dalam menunjang pembelajaran dalam dua dekade terakhir dari sisi penggunaan, manfaat, fitur dan keefektifan. Penelitian ini akan membahas tentang tahapan dalam membuat aplikasi berbasis mobile untuk pengenalan penyakit gigi beserta pengukuran kebermanfaatannya aplikasi ini terhadap pengguna. Salah satunya melalui media pembelajaran yang berfungsi untuk mengenalkan tentang penyakit gigi.

Salah satunya melalui media pembelajaran yang berfungsi untuk mengenalkan tentang penyakit gigi. Multimedia Pembelajaran Interaktif, yakni media pembelajaran yang merupakan gabungan dari berbagai media yang dirangkai secara terpadu dan interaktif untuk menyampaikan pesan yang terkait dengan pembelajaran tertentu . Multimedia Pembelajaran Interaktif, yakni media pembelajaran yang merupakan gabungan dari berbagai media yang dirangkai secara terpadu dan interaktif untuk menyampaikan pesan yang terkait dengan pembelajaran tertentu . Dalam menunjang multimedia interaktif, salah satu teknologi yang sangat bermanfaat dalam pembelajaran adalah Augmented Reality, penggunaan teknologi AR juga berkembang pesat dalam menunjang pembelajaran dalam dua dekade terakhir dari sisi penggunaan, manfaat, fitur dan keefektifan. Dalam menunjang multimedia interaktif, salah satu teknologi yang sangat bermanfaat dalam pembelajaran adalah Augmented Reality, penggunaan teknologi AR juga berkembang pesat dalam menunjang pembelajaran dalam dua dekade terakhir dari sisi penggunaan, manfaat, fitur dan keefektifan. Penelitian ini akan membahas tentang tahapan dalam membuat aplikasi berbasis mobile untuk pengenalan penyakit gigi beserta pengukuran kebermanfaatannya aplikasi ini terhadap pengguna. Salah satunya melalui media pembelajaran yang berfungsi untuk mengenalkan tentang penyakit gigi.

Daftar Pustaka

Triwibowo, Ageng Bahtiar. (2016). Pengembangan Game Edukasi Menggunakan Unity 3D Berdisiplin Bersepeda di Jalan Raya pada Anak Usia 8-11 Tahun. Universitas Negeri Yogyakarta.

Septiko, Winny Ardhian. Akbar, M. Aminul. Afirianto, Tri. (2018). Pengembangan Game Edukasi Platformer Kisah Gajah Mada Menyatukan Nusantara Menggunakan Metode Iterative With Rapid Prototyping. Universitas Brawijaya.

Adenansyah, Fanandia M. (2019). Rancang Bangun Game Edukasi Belajar Aksara dan Tata Krama Bahasa Jawa untuk SD Kelas 4 Berbasis Android. Universitas Negeri Surabaya.

Faqih, Muhammad. Kusumaningsih, Ari. Kurniawati, Arik. (2018). Penerapan Augmented Reality pada Serious Game Edukasi Penyakit Gigi. Universitas Trunojoyo Madura.