4210181002
Farhan Muhammad
D4 – Teknologi Game 2018
Mata Kuliah Bahasa Indonesia

Pengembangan aplikasi permainan menjadi salah satu bidang yang saat ini mulai muncul ke permukaan. Hal ini dikarenakan adanya pandemi yang menghambat proses kegiatan belajar mengajar antara guru dan siswa. Salah satu jenis permainan atau game yang dikembangkan adalah game edukasi atau game pembelajaran.

Salah satu kelebihan utama game edukasi adalah pada visualisasinya dari permasalahan pemain terhadap suatu permasalahan di dunia nyata. Massachussets Institute of Technology (MIT) berhasil membuktikan bahwa game sangat berguna untuk meningkatkan logika dan juga pemahaman pemain terhadap suatu masalah melalui proyek game yang dinamai Scratch. Game edukasi unggul dalam beberapa aspek jika dibandingkan dengan metode pembelajaran konvensional (Vitianingsih, 2016).

Untuk platform game yang digunakan salah satunya adalah mobile. Salah satu teknologi yang kini berkembang dengan sangat cepatnya adalah teknologi informasi dan komunikasi mobile (handphone). Teknologi mobile yang saat ini tidak hanya digunakan sebagai alat komunikasi saja, tetapi juga sebagai alat untuk memudahkan pengguna dalam kehidupan sehari-hari. Hal tersebut dapat terjadi karena pada teknologi mobile terdapat adanya banyak fasilitas, antara lain: pengaksesan internet, e-mail, organizer, musik, permainan dan sebagainya yang dapat digunakan dimana saja, kapan saja secara lebih cepat dan mudah (Aprilianti, Lestari, dan Iswahyudi, 2014).

Menurut Putra, Nugroho, dan Puspitarini (2016), terdapat banyak fitur game yang tidak hanya sebagai hiburan bermain, namun sudah banyak game yang dimainkan untuk mengasah daya pikir dan logika yang dapat memperkenalkan materi agar lebih menarik untuk diterima dan dipahami terutama oleh anak yang masih dalam usia dini. Hal ini berlaku untuk anak usia dini yang berumur antara 3 – 6 tahun berada dalam masa Golden Periode (Periode Keemasan) perkembangan otak mereka.

Menurut Anik (2016), untuk menciptakan generasi yang berkualitas, pendidikan harus dilakukan sejak usia dini dalam hal ini melalui Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD), di PAUD anak sudah diajarkan cara belajar dengan media bermain. Dengan latar belakang tersebut maka akan dilakukan penelitian untuk membuat game mobile yang berisi pembelajaran mengenal simbol, berhitung, mencocokkan gambar dan menyusun acak kata. Game ini bisa digunakan sebagai media alternatif pembelajaran guru PAUD dalam mengubah cara belajar konvensional menjadi cara belajar simulasi game, sehingga dapat mengembangkan kreativitas anak, karena dalam game edukasi memiliki unsur tantangan, ketepatan, daya nalar dan etika.

Salah satu contoh pembelajaran yang bisa diadaptasikan ke dalam bentuk permainan, yaitu Matematika. Dalam penelitian Pramuditya, Noto, dan Syaefullah (2017), game edukasi matematika disisipkan konten pembelajaran matematika berupa soal dan materi. Terdapat beberapa jenis game yang berkembang, seperti arcade, RPG, action, sport, dan lain-lain. Jenis game dalam penelitian ini adalah game RPG (Role Playing Game), salah satu jenis game yang menitikberatkan pada peran dan jalan cerita yang memiliki tujuan. Player (pemain) diharuskan untuk berbicara dengan pemain lainnya untuk dapat mencapai tujuan akhir dari game. Pada akhirnya, pengembangan aplikasi permainan bisa menjadi salah satu alternatif untuk melaksanakan kegiatan belajar mengajar. Selain itu, hal ini juga bisa membuat setiap peserta didik bersemangat dan bahagia karena bisa belajar sambil bermain.

Daftar Pustaka

Aprilianti, Y., Lestari, U., Iswahyudi, C. (2014). Aplikasi Mobile Game Edukasi Matematika Berbasis Android. Jurnal SCRIPT 2(1), pp. 22-30

Hermawan, D. P. (2017). Efektivitas Penggunaan Game Edukasi Berjenis Puzzle, Rpg Dan Puzzle Rpg Sebagai Sarana Belajar Matematika. Institut Teknologi Sepuluh Nopember. Surabaya. Tesis

Pramuditya, S. A., Noto, M. S., Syaefullah, D. (2017). Game Edukasi RPG Matematika. EduMa 6(1), pp. 77-84

Putra, D. W., Nugroho, A. P., Puspitarini, E. W. (2016). Game Edukasi Berbasis Android Sebagai Media Pembelajaran Untuk Anak Usia Dini. Jurnal Informatika Merdeka Pasuruan 1(1), pp. 46-58

Vitianingsih, A. V. (2016). Game Edukasi Sebagai Media Pembelajaran Pendidikan Anak Usia Dini. Jurnal INFORM, 1(1), pp. 25-32