Highlights Story merupakan fitur instagram yang dapat menampilkan beberapa story instagram di dalam laman profil pengguna. Fitur ini dapat membuat rangkuman yang menunjukkan beberapa story instagram yang telah dibuat menjadi satu cuplikan.

Dibandingkan dengan story instagram yang hanya dapat bertahan selama 24 jam, highlights story yang telah dibuat akan bisa bertahan lebih dari 24 jam atau pengguna bisa membiarkannya tetap ada hingga mereka ingin menghapusnya.

Beberapa manfaat highlight story untuk bisnis adalah:

  1. Followers / Calon Followers Bisa Mengenal Akun Bisnis Lebih Dalam

Karena highlight story terletak di bawah biodata dan mudah ditemukan, pengguna instagram yang baru membuka profile bisnis kita akan menjadi lebih mengenal brand bisnis kita dan meningkatkan kemungkinan untuk menjadi followers baru, ditambah lagi kalau konten yang kita suguhi di highlight story merupakan konten yang bermanfaat.

  1. Highlight Memuat Banyak Konten Lebih Lama

Dulu sebelum adanya highlight ini, orang banyak yang kesulitan karena harus mengulang-ulang informasi yang sama (karena story hilang dalam waktu 24 jam), tapi sejak ada fitur Highlight, semua video bisa disave. Bisa menjadi referensi di masa mendatang dan juga memberikan traffic ke akun.

  1. Highlight Bisa Menjadi Katalog untuk Link

Dengan adanya privilege Swipe Up (jika telah memiliki followers minimal 10 ribu, atau Verified), insta story dan highlight bisa turut menyumbang traffic ke website bisnis kita. Jika pada bio Instagram hanya bisa memuat 1 link, tetapi pada instastory dan highlight kita bisa memuat link yang tidak terbatas.

  1.  Highlight Membuat Branding Jadi Lebih Mudah

Berbeda dengan Instagram feeds, pada insta story kita tidak perlu memperhatikan tatanan foto, tema dan caption. Kita dapat bebas membubuhkan apa saja yang ada di instastory, mulai dari Behind The Scene, Guide, Tutorial, Produk yang ditawarkan dan Bahan-bahan pendukung.

Karena banyak nya highlight yang akan kita gunakan untuk memuat jenis story instagram yang kita buat, penting untuk membuat cover highlight yang menarik dan sesuai dengan topik yang ada pada highlight story kita.

Berikut ini perbedaan yang ada pada akun bisnis yang tidak menggunakan cover highlight story dan akun bisnis yang menggunakan cover highlight story:

  • Tidak menggunakan cover highlight story
  • Facebook
  • Twitter
  • Google+
  • Pinterest
Susunan Highlight Story salah satu akun bisnis dengan tidak menggunakan cover Highlight

Pada akun bisnis ini higlight story tidak menggunakan cover yang sesuai dengan topik yang ada pada highlight story, kelemahan nya adalah pengguna instagram atau followers yang ingin mengetahui informasi terkait bisnis kita akan merasa kebingungan dan tidak nyaman karena highlight kita tidak tertata rapi dan to the point mengenai topik informasi yang akan kita sampaikan.

  • Menggunakan cover highlight story
  • Facebook
  • Twitter
  • Google+
  • Pinterest
Susunan Highlight Story produk minuman esBeyee dengan menggunakan cover Highlight

Berbeda dengan akun bisnis sebelum nya, pada akun bisnis minuman EsBeeyee tiap highlight story diberi icon yang menarik dan sesuai dengan topik yang ingin disampaikan, sehingga pengguna instagram atau followers akan semakin nyaman untuk menggali informasi mengenai bisnis ini karena highlight tertata rapi dan to the point mengenai topik informasi yang ada pada tiap highlight.

Dengan ada nya cover, highlight story yang ada pada profile bisnis kita akan terlihat semakin rapi dan tepat sasaran. Pengunjung atau followers akan semakin nyaman untuk menggali informasi tentang bisnis kita di laman profile yang telah kita suguhi highlight story untuk mereka lihat.

Sumber: https://lunariastudio.com/2018/07/15/4-manfaat-highlight-pada-instagram-story-untuk-bisnis/ https://techno.okezone.com/read/2017/12/06/207/1825881/instagram-punya-fitur-baru-stories-highlights-apa-itu#:~:text=Stories%20Highlights%20merupakan%20penambahan%20kepada,ada%20hingga%20mereka%20ingin%20menghapusnya.