Dalam mendesain suatu promosi sebuah brand, diperlukan adanya brand identity agar pelanggan dapat dengan gampang mengingat dan mengenal lebih dalam mengenai brand yang dipromosikan. Brand identity ini sendiri dapat ditemukan dengan membuat sebuah konsep desain yang matang dengan berpegang teguh pada poin-poin karakter brand yang ingin ditonjolkan.

Moodboard atau yang sering disebut dengan inspiration board adalah suatu metode yang dapat membantu desainer untuk menonjolkan karakter sebuah brand untuk diterapkan dalam setiap desain yang akan dibuat.

Beberapa poin karakter brand yang dapat ditonjolkan melalui moodboard adalah:

  1. Mood atau style yang menggambarkan brand.
  2. Warna dominan brand.
  3. Font text yang sesuai dengan karakter brand.
  4. Elemen aset yang digunakan brand.

Berikut ini adalah brand produk minuman EsBeeyee yang merupakan produk minuman Honey Boba Tea yang bertempat di Surabaya.

  • Facebook
  • Twitter
  • Google+
  • Pinterest
Produk minuman EsBeeyee

EsBeeyee memiliki target market yaitu dari anak-anak sampai dewasa, sehingga dalam contoh brand produk minuman EsBeeyee, poin-poin karakter untuk brand identity yang telah ditetapkan adalah:

  1. Mood atau style yang diusung oleh EsBeeyee adalah friendly, fun, warm dan cheerful.
  2. Warna dominan yang digunakan adalah kuning madu, untuk menonjolkan base minuman EsBeeyee yang merupakan minuman honey boba tea.
  3. Font text yang digunakan berjenis sans serif dan handwriting dengan model yang sesuai dengan mood atau style yang menggambarkan brand yaitu friendly, fun, warm dan cheerfull.
  4. Elemen aset yang digunakan adalah icon lebah, garis-garis dashed dan elemen beehive atau honeycomb.
  • Facebook
  • Twitter
  • Google+
  • Pinterest
Hasil desain feeds instagram EsBeeyee dengan mengikuti brand identity nya

Dengan begini, desainer dapat dengan mudah memfilter inspirasi dan referensi yang telah didapat dengan tidak mengesampingkan poin-poin karakter brand yang ingin ditonjolkan.