database ini yaitu tempat data-data yang kita masukkan atau orang lain masukan tersimpan, nah untuk permulaan kita akan belajar membuat database melalui aplikasi XAMPP phpmyadmin.

  1. Kita start Mysql pada XAMPP control panel.
  2. Membuka localhost/ pada browser.
  3. Klik phpmyadmin untuk membuka phpmyadmin.
  4. Klik basis data untuk membuat database.
  5. Buat nama database sesuai keinginan teman-teman.
  6. Setelah itu membuat tabel database dengan memasukkan nama tabel, jumlah kolom, nama kolom , dan kolom yg digunakan sebagai patokan atau kunci.

Nah itulah dia cara membuat database pada XAMPP phpmyadmin, sekarang kita akan belajar cara menghubungkan database tersebut dengan suatu program INSERT untuk memasukkan data kedalam database. Untuk kodingan koneksi seperti ini.

$con = mysqli_connect(“localhost”,”root”,””,”nama database”);

Pada program insert tersebut menggunakan “mysqli_query” dan perintah “INSERT INTO” untuk memasukkan data kedalam tabel “mhs” yang telah dibuat. dan untuk membuat program tersebut memasukkan data tanpa mengubah kodingan yaitu dengan menggunakan variabel. Pertama kita buat program form yg nantinya terhubung dengan program insert menggunakan variabel yg telah dimasukkan kedalam form tersebut. 

program dari insert menggunakan variabel yg nantinya data akan dimasukkan melalui form dan akan disimpan didalam tabel database.

Setelah data dimasukkan nantinya akan terlihat didalam database 

Untuk menampilkan database tanpa perlu membuka phpmyadmin dapat dilakukan dengan membuat program tabel database dan menghubungkannya dengan database pada phpmyadmin melalui perintah

SELECT * FROM `nama tabel`