Komposisi sentral memiliki titik pusat yang sengaja dibentuk untuk mencuri perhatian. Titik pusat ini wajib memiliki kesan yang tidak selaras dengan yang lainnya.

Oleh karena itu, Komposisi sentral merupakan cara paling ampuh untuk menarik perhatian ke subjek utama Anda.

Manfaat Komposisi Sentral

  • Stabilitas. Ini adalah komposisi yang sangat stabil karena tidak ada yang mengganggu mata.
  • Maksud fotografernya jelas. Benda-benda yang ditempatkan di tengah bingkai cenderung memiliki bobot visual yang lebih kuat. Jika subjek utama (pusat minat) berada tepat di tengah, sangat jelas fotografer ingin agar penonton memperhatikan.

Kebanyakan fotografer pemula memakai komposisi sentral. Begitu Anda tertarik dalam aturan komposisi, Anda akan menemukan ini ‘salah’. Banyak fotografer dilanda ketakutan menggunakan pemikiran memakai komposisi sentral. Tidak perlu takut. Anda bisa menggunakannya untuk menyempurnakan foto Anda, dan saya akan memperlihatkan caranya serta apa yang menarik dari Komposisi Sentral pada artikel ini.

1. Komposisi fotografi untuk Kesederhanaan

Kesederhanaan merupakan inti dari seluruh desain yang baik. Komposisi sentral sesederhana mungkin. Itulah mengapa sebagian besar fotografer baru menggunakannya tanpa memikirkan atau mengetahuinya. Itu alami.

Orang umumnya melihat apa yang terdapat di depan mereka. Memiliki sepasang mata membuat Anda lebih nyaman menghadapi apa yang Anda fokuskan pada saat itu.

Ini membuatnya normal untuk melakukan hal yang sama dengan kamera ketika pertama kali kita mulai menggunakannya.

  • Facebook
  • Twitter
  • Google+
  • Pinterest

Pada foto diatas terlihat sepasang Ibu dan Anak yang saling bergandengan tangan. Saya melihatnya dan menyusunnya secara terpusat. Pakaian – pakaian yang berada pada di kedua sisi jalan tidak memperlihatkan sesuatu yang menarik untuk ditambahkan pada komposisi.

2. Ciptakan Perasaan pada Foto Anda

Komposisi fotografi yang memuaskan pada umumnya membantu mengungkapkan semacam perasaan. Komposisi sentral seringkali bisa membantu mengekspresikan sentimen kedamaian atau kekuasaan. Kedamaian seringkali dikaitkan menggunakan keseimbangan. Ketika segala sesuatunya selaras, perasaan santai sering muncul. Jangan takut untuk memakai komposisi sentral untuk memasukkannya ke dalam foto Anda.

  • Facebook
  • Twitter
  • Google+
  • Pinterest

Pemandangan langit sore mempunyai banyak hal yang menarik untuk diabadikan. Saat perjalanan pulang, saya melihat awan sore yang membentuk suatu bulatan pada bagian tengahnya. Alih – alih menjadi pusat dari komposisi, cahaya yang menyinari melewati pusat itu menambahkan kesan kedamaian.

Jika diamati secara detail, pusat tersebut seperti memperlihatkan lautan biru. Namun tentu saja itu hanya dari kumpulan awan yang tidak sengaja terbentuk sedemikian rupa.

Meskipun jalanan dan rumput memiliki komposisi lain, seperti komposisi garis. Pusat pada awan lebih menarik perhatian saat penonton pertama kali melihat foto tersebut.

3. Komposisi Utama Menarik Perhatian pada Subjek Anda

Menempatkan subjek Anda pada tengah bingkai akan membantu menarik perhatian. Apabila terdapat elemen minimal dalam komposisi Anda, ini tidak terlalu penting. Di mana Anda mempunyai banyak hal yang terjadi dalam bingkai, kebutuhan akan komposisi sentral menjadi lebih jelas. Ini khususnya terjadi jika terdapat banyak elemen serupa pada pada bingkai.

  • Facebook
  • Twitter
  • Google+
  • Pinterest

Cahaya matahari kebanyakan menjadi cahaya favorit bagi fotografer. Waktu yang pas untuk mendapatkan cahaya matahari adalah saat fajar dan petang untuk diabadikan menjadi pemandangan/landscape.

Namun selain itu, cahaya matahari dapat menjadi pusat dari Komposisi Sentral. Seperti yang terlihat pada foto di atas, sebuah tangan terdapat di bawah cahaya matahari yang melewati di sela-sela atap menambah kesan menonjol untuk komposisi tersebut dengan menempatkannya di tengah bingkai.

Komposisi sentral juga dapat menambah perspektif. Memiliki elemen lain dalam bingkai dapat membantu mendukung subjek utama Anda dan meningkatkan kedalaman.

Dengan foto apa pun, terdapat banyak faktor yang harus digabungkan untuk membuatnya menonjol. Komposisi yang baik adalah hasil berdasarkan satu metode, atau teknik. Setiap situasi yang Anda potret akan berbeda. Anda perlu bereksperimen menggunakan aturan dan mencoba menerapkan aturan yang berbeda. Jangan tempatkan seluruh subjek di tengah atau di sepertiga.

Untuk foto yang digunakan pada artikel ini, komposisi sentral merupakan salah satu teknik. Namun saya menggabungkannya menggunakan aturan komposisi dan metode fotografi lainnya.

Author : Tathmainul Qulub Makhfud’atin / 5120500013 / 1 D3 MMB A