Assalamualaikum Wr. Wb. Bertemu lagi bersama saya disini di pembahasan materi pemrograman lanjutan. Kali ini saya akan membagikan lagi nih materi lanjutan dari materi kita yang kemarin, yaitu LIST & LINK PADA HTML.

LIST itu berarti susunan atau urutan dari hal-hal yang akan kita atur atau sebuah elemen yang digunakan untuk menampilkan informasi dalam bentuk list. Biasanya LIST digunakan untuk membuat menu.

Ada 3 jenis LIST yaitu :

  1. Ordered list > List yang terurut, biasanya ditandai dengan angka atau nomer untuk mengetahui urutan dari list.
  2. Unordered list > List yang tidak terurut, biasanya ditandai dengan tanda pada list
  3. Desctiption list > List yang berisi deskripsi.

sedangkan LINK atau HYPERLINK yaitu menghubungkan satu dokumen dengan dokumen lain pada HTML. Tujuan dari LINK ini yaitu membuat sebuah teks atau gambar yang ketia di klik akan dialihkan ke halaman tertentu yang sudah ditetapkan pada penulisan LINK tersebut.

Hyperlik sendiri ditulis dengan <a> atau yang kita kenal dengan anchor (jangkar). <a> ini selalu diikuti oleh atribut href, dimana href ini lah yang kita isikan dengan alamat yang dituju ketika text atau gambar diklik. Penulisannya seperti ini :

<a href=”qwerty.com”>klik disini</a>

Jenis LINK ada dua yaitu :

  1. Alamat absolut, penulisan alamat file yang disertai dengan alamat webnya.
  2. Alamat altenatif, penulisan alamat file yang akan dipanggil berada dalam aplikasi yang sama, jadi tidak perlu mengisikan namaa websitenya.

Kali ini penerapan yang akan kita lakukan adalah menggabung LIST & LINK menjadi satu dalam sebuah menu program.