Hai semua bagaiman kabar kalian hari ini. Mungkin pada jenuh mikirin tugas yaaa. Ok, daripada jenuh ,bingung mau ngapain, mending coba bermain cahaya untuk mengambil gambar model. Sebelumnya mari kita menambah ilmu mengenai teknik pencahayaan. Teknik pencahayaan sendiri dapat diartikan penataan pencahayaan agar memperoleh efek cahaya yang diharapkan. Setahuku teknik pencahayaan itu ada banyak yaitu, split lighting,  flat lighting, broad lighting, spot lighting,  butterfly lighting, Rembrandt lighting, loop lighting, low key lighting high key lighting, cross lighting, serta cahaya berwarna.  

Mungkin kalian akan bingung apa aja sih bedanya teknik teknik diatas. Secara singkatnya sih letak perbedaannya dari letak bermain cahayanya dari arah pinggirkah, depan, samping, lalu juga pose model, jatuhnya cahaya dan bayangan serta warna dari background. Nah kali ini aku akan membagikan pengalamanku dalam bermain cahaya khususnya pada teknik split lighting. Nah perlu kalian tahu pada teknik split lighting ini mempunyai kesan yang dramatis dan kesan wajah yang kuat. Untuk penjelasannya teknik ini memberi cahaya di setengah bagian, dan setengah bagian lainnya gelap. Lalu posisi lampu atau cahaya berasal dari samping model. Lalu untuk posie wajah lebih efektif kedepan kamera agar kesan splitnya bisa lebih dapat.

Nah menurut pengalaman saya sih dalam bermain cahaya pada teknik split light ini cenderung mudah karena meletakkan sumber cahay tepat disamping model dan pada cahaya yang cukup di ruang tertutup. Bukan hanya itu model hanya perlu berpose menghadap ke arah kamera saja tidak perlu terlalu banyak gaya atau pose. Namun kesalahan yang saya dapat disini adalah pada penggunaan background saya. Background yang saya pakai adalah kain putih yang kurang rapi dan peletakan kainnya pun kurang tepat sehingga background kurang mendukung kesan keseluruhan yang sebenarnya didapat pada teknik tersebut. Meskipun pada model efek cahaya yang diinginkan sudah didapat namun tetap kurang maksimal pada backgroundnya. Mungkin jika menggunakan background berwarna hita kesan dan efek cahayanya akan lebih dapat dan lebih menarik lagi dari foto yang saya ambil. Nah mungkin saran dari pengalaman yang telah saya dapat, sih lebih memperhatikan backgroundnya agar didapat hasil yang lebih maskimal. Mungkin lebih diatur lagi peletakan kainnya jika memakai kain, jika tidak seenggaknya rata, dan mungkin warna yang dipakai backgroundnya lebih cocok untuk hitam atau putih sehingga lebih dapat kesannya atau mungkin keduanya. Jadi benar benar mengikuti efek cahayanya.

Hasil Potret Saya

Jadi mungkin sekian pembagian ilmu dan pengalaman yang bisa saya berikan, terimakasih telah membaca. Enjoy your process dan selamat mencoba!!!