Assalamualaikum sobat penikmat…

Welcome to back My Block

Okee untuk artikel kali ini kita akan membahas sebuah materi baru tentang VARIABEL ARRAY,

Nahh… Untuk penjelasan lebih lanjut mari kita simak yang berikut ini

Array adalah sebuah variabel yang menyimpan sekumpulan data yang memiliki tipe sama atau Array juga dapat disebut sebagai kumpulan dari nilai-nilai data bertipe sama dalam urutan tertentu yang menggunakan sebuah nama yang sama. Setiap data tersebut menempati alamat memori atau lokasi yang berbeda-beda dan selanjutnya disebut dengan elemen array. Elemen array sendiri dapat diakses melalui indeks yang terdapat di dalamnya. Namun, penting sekali untuk di ingat bahwa dalam C++ indeks array selalu dimulai dari 0, buka 1

Array 1 dimensi.

Array satu dimensi adalah array yang terdiri dari n buah kolom atau Array satu dimensi adalah array yang terdiri dari 1 subskrip array saja. Setiap elemen array satu dimensi dapat diakses melalui indeks yang terdapat di dalamnya. Cara yang dipakai untuk mengakses elemen array satu dimensi adalah dengan menuliskan indeksnya. Contohnya jika kita ingin mengambil nilai yang terdapat pada elemen ke-8 dan menampung nilai tersebut kedalam sebuah variabel yang bertipe int juga (misal int tampung), maka kita perlu menuliskan kode seperti berikut ini:

tampung = LARIK[7];

Kenapa 7, bukan 8? ingat indeks array selalu dimulai dari 0 sehingga untuk mengakses elemen ke-8, maka indeks yang kita butuhkan adalah 8-1, yaitu 7.
Array 2 dimensi.
Array dua dimensi adalah array yang terdiri dari n buah baris dan m buah kolom, atau array dua dimensi juga biasa disebut sebagai array yang mempunyai dua subskrip, yaitu baris dan kolom. Bentuknya dapat sobat bayangkan seperti matriks atau tabel. dimana indeks pertama menunjukan baris dan indeks kedua menunjukan kolom. Cara yang digunakan untuk mengakses elemen array dua dimensi adalah dengan menuliskan indeks baris dan kolom nya. Misalnya pada array LARIK diatas kita ingin mengakses nilai ‘8’ yang terdapat pada indeks baris ke 1 dan indeks kolom ke 2, kemudian menampung nilai tersebut kedalam sebuah variabel yang bertipe int (misal int tampung), maka kita perlu menuliskan kode programnya seperti berikut ini:

tampung = LARIK[1][2];

Perlu sobat ingat meskipun array LARIK memiliki jumlah elemen baris sebanyak 3 dan jumlah elemen kolom sebanyak 5 atau di deklarasikan sebagai berikut : “LARIK [3][5];”. namun karena indeks array selalu dimulai dari 0 maka untuk mengakses elemen terakhir dari array LARIK, kita dapat mengaksesnya dengan menuliskan LARIK[2][4] bukan LARIK[3][5].
dari pembahasan pemngertian diatas dapat kita terapkan dengan membuat beberapa perogram seperti yang ada di bawah ini
1. Program untuk mengurutkan data dengan urutan naik asceding dan menampilkan banyaknya data 
  • Facebook
  • Twitter
  • Google+
  • Pinterest
2. Program bilangan prima dari suatu algoritma yang disebut sebagai sieve of erasthenes
  • Facebook
  • Twitter
  • Google+
  • Pinterest
3. Program untuk menampilkan sebuah data laporan nilai mahasiswa di setiap mata kuliah dan rata rata
  • Facebook
  • Twitter
  • Google+
  • Pinterest
Ok… dari beberapa percobaan di atas dapat kita simpulkan dalam membuat program dengan menggunakan variable array 2 diensi atau banyak dimensi ,kita dapat mengetahui beberapa fungsi baru dalam memuat sebuah program dalam code block terutama dalam mengelolah data nilai dan membuat laporan agar dapat memudahkan kita dalam menyelesaikan pekerjaan .
sekian dulu materi kali ini sobat penikmat … see you
wassallamuaallaikum wr wb….