HAJAR PHP : Variabel dalam PHP

Assalamu’alaikum Wr, Wb

Haii sobat redaksi PENS. Gimana Kabar kalian? Semoga kalian semua tetap dalam lindungan-Nya (Aamiin). Jumpa lagi dengan tulisan saya yang sudah lama tidak menulis. Kalo baca tulisanku jangan lupa senyum simetrisnya yaa:) wkwk. Kenalan lagi nih dengan aku, namaku Rizal dari kelas 1 D3 ELKA B. Semoga semua yang aku tulis dalam artikelku bermanfaat bagi kalian semua. Kali ini saya akan membahas tentang variabel di dalam PHP.

PHP adalah singkatan dari “PHP: Hypertext Prepocessor“, yaitu bahasa pemrograman yang digunakan secara luas untuk penanganan pembuatan dan pengembangan sebuah situs web dan bisa digunakan bersamaan dengan HTML. PHP diciptakan oleh Rasmus Lerdorf pertama kali tahun 1994. Pada awalnya PHP adalah singkatan dari “Personal Home Page Tools“. Selanjutnya diganti menjadi FI (“Forms Interpreter“). Sejak versi 3.0, nama bahasa ini diubah menjadi “PHP: Hypertext Prepocessor” dengan singkatannya “PHP”. PHP versi terbaru adalah versi ke-5.

Variabel dalam PHP berfungsi sebagai wadah untuk menaruh data sesuai dengan tipe data. Misalnya $angka, $harga, $nama dll. Penulisan variabel dala PHP juga ada ketentuannya loh, yaitu :

  1. Variabel dalam PHP diawali dengan $,
  2. Variabel dalam PHP tidk boleh diawali dengan simbol/angka,
  3. Variabel dalam PHP bersifat case sensitif. “$nama” tidak sama dengan “$Nama”,
  4. Variabel dalam PHP tidak mengandung karakter khusus seperti +, -, * dan sebagainya.

Langsung saja, mari kita membuat program dengan menggunakan variabel dalam PHP…

<form method= POST action>

    <fieldset>

    <label> Masukkan angka 1 : </label>

<input type=text name=a1><br>

<label> Masukkan angka 2 : </label>

<input type=text name=b1><br>

<input type=submit value=OK><br>

</fieldset>

</form>

<?php

$nama = “Rizal”;

$a=$_POST[‘a1’];

$b=$_POST[‘b1’];

$c=$a+$b;

echo $nama.” “.$c;

?>

Setelah kalian membuat program itu, tampilan yang akan muncul seperti :

  • Facebook
  • Twitter
  • Google+
  • Pinterest

Program itu berfungsi untuk menjumlahkan angka 1 dan angka 2 setelah kalian mengisinya, kemudian klik “OK”. Nantinya akan muncul hasil penjumlahannya.

Sampai disini ya teman-teman pembahasan variabel dalam PHP. Masih ada banyak tulisan yang akan saya buat. Kesempurnaan hanya milik Allah, untuk itu saya menyadari bahwa artikel yang telah saya susun masih memiliki banyak kekurangan baik dari segi teknis maupun non-teknis. Untuk itu saya membuka pintu yang selebar-lebarnya kepada semua pihak agar dapat memberikan saran dan kritik yang membangun demi penyempurnaan penulisan-penulisan mendatang. Dan apabila di dalam artikel ini terdapat hal-hal yang dianggap tidak berkenan di hati kalian mohon dimaafkan yaa…

Wassalamu’alaikum Wr. Wb.