Pada minggu ketiga ini apa yang saya dapatkan tidak terlalu banyak. Hal-hal yang saya lakukan sebagian besar sama dengan dua minggu sebelumnya. Saya diberi tugas oleh pembimbing KP dari TVOne untuk belajar mengedit video dengan menggunakan Dalet. Namun ketika sedang tidal belajar saya berada di ruang ingest. Di ruang ingest tetap sama yang dilakukan yaitu merecord feeding dari liputan diluar kantor melalui Aviwest dan SNG, video dari handphone, dan dari memory card.

Shift kerja pada post-production dibagi 3 bagian yaitu pagi pada jam 07.00-15.00, sore pada jam 15.00-23.00, dan malam pada jam 23.00-07.00. Untuk jam magang saya bergantian sore dan malam setiap satu minggu. Karena terdapat 2 orang yang magang dibagian editor maka kami memiliki shift yang berbeda. Jika saya shift sore maka teman saya masuk pada shift malam dan berlaku sebaliknya.

Editor disini bertugas untuk mengedit video liputan untuk news, sehingga diperlukan waktu yang cepat agar berita tersebut segera tayang. Biasanya video materi news siap untuk diedit sekitar 2 jam sebelum acaranya tayang. Video tersebut ada 2 yaitu VO dan video Package. Jika video tersebut berjenis VO, maka hanya perlu menyesuaikan durasi video agar waktunya cukup untuk presenter membaca naskah. Jika video tersebut adalah paket, maka menyesuaikannya dengan dubbing yang ada.

Pada minggu ini saya belajar untuk edit video VO. Yang saya lakukan adalah memotong gambar yang terlalu shake, menambahkan efek blur jika terdapat darah, dan menyesuaikan durasinya dengan naskah yang ada. Naskah tersebut sudah ditulis dan berada pada Dalet ketika kita mengeditnya. Shortcut yang ada pada Dalet-pun berbeda dengan aplikasi editor lainnya. Contoh shortcut keyboard pada Dalet adalah J untuk play backward, K untuk play/pause, L untuk play forward, dan -/+ untuk melakukan zoom pada timeline. Jika sudah selesai mengedit maka dapat melakukan penyimpanan dengan menyimpan video hasil render dan juga menyimpan timeline dengan format EDL.

  • Facebook
  • Twitter
  • Google+
  • Pinterest

Meja editor news terletak didepan studio

  • Facebook
  • Twitter
  • Google+
  • Pinterest

Foto meja editor news pada sudut yang berbeda