Assalamualaikum wr. wb

 

Halo sahabat redaksiana PENS! Bagaimana kuliahnya? Masih semangat kan, sehabis UTS? Pastinya dong… Ketemu lagi dengan saya Salma dari kelas 1 D3 Elka B yang akan menemani kalian ke depannya dalam artikel ini. Sebelum memulai belajar santuy nya, marilah kita dan memantapkan hati kita agar terus giat belajar dan tidak pernah merasa cukup dalam mencari ilmu.

Pada kesempatan kali ini, kita akan belajar ALGORITMA DAN PEMROGRAMAN tentang bahasa C dengan aplikasi CodeBlocks tentang Variabel STRING. Apa tujuannya belajar Variabel STRING? Apa itu variabel STRING? Makanya, ikuti terus artikel ini! Jangan lupa, selalu ucapkan “Belajar Bahasa C, kita mau, kita bisa!”

 

 


 

 

APA TUJUANNYA BELAJAR VARIABEL STRING?

Tujuannya, untuk mempelajari penggunaan VARIABLE STRING yang dipadukan dengan fungsi fungsi untuk pengelolahan data string, seperti strcat(), strlen(), strcpy(),

 

APA ITU VARIABEL STRING?

Variable & Fungsi String adalah terdiri dari beberapa karakter (dengan karakter) yang diakhiri dengan karakter khusus’\0′ (null). Suatu konstanta string adalah karakter string yang dituliskan diantara tanda petik ganda (”).  Seperti yang digunakan pada fungsi printf() atau puts(). Konstanta karakter string mempunyai kelas penyimpan static, sehingga bila digunakan didalam fungsi , maka nilainya tidak akan berubah selama program aktif.

Terdapat yang namanya strcat(), strlen(), da

 

Sudah cukup teorinya, mari kita menuju sesi yang paling ditunggu-tunggu, yaitu tugas!

 

1. Program untuk menyisipkan kata.

Pada program ini, kita menggunakan fungsi strsisip() untuk menyisipkan satu karakter string ke string lainnya. Jangan lupa juga untuk memberi di mana akan disisipkan, string yang disisipkan (gunakan tanda petik dua) dan posisi string yang akan dimasukkan.

 

 

 

 

 

 

 

2. Program untuk menentukan palindrom atau bukan.

Program akan menentukan apakah kalimat yang dimasukkan merupakan palindrom atau bukan. String yang digunakan adalan strcpy() untuk menyalin string, strrev() untuk membalik string, dan strcmp() untuk membandingkan string.

  • Facebook
  • Twitter
  • Google+
  • Pinterest

program sebelum dan sesudah di-run untuk tugas 2

 

3. Program penghitung karakter.

Kalau yang satu ini, program akan menghitung banyaknya huruf kecil, huruf besar, angka, dan tanda baca dari input yang dimasukkan. String yang digunakan adalah strlen() yang berguna untuk menghitung karakter.

#include<stdio.h>
#include<string.h>

int kecil,besar,angka,tanda,hitung;
int cek(char klmt[])

{
kecil=besar=angka=tanda=hitung=0;

for(hitung;klmt[hitung];hitung++)
{

if(klmt[hitung]>=’a’&&klmt[hitung]<=’z’)kecil++;

else if (klmt[hitung]>=’A’&&klmt[hitung]<=’Z’)besar++;

else if (klmt[hitung]>=’0’&&klmt[hitung]<=’9′)angka++;

else tanda++;
}

}

char spasi(char a[])

{

int b = strlen(a) -1;

if (a[b] == ‘\n’)
{a[b] = ‘\0’;}
return(a);

}

main()
{

char klmt[100];
printf(“PROGRAM PENGHITUNG KARAKTER\n\nMasukkan kalimat : “);
scanf(“%s”,&klmt);
spasi(klmt);
cek(klmt);
printf(“Huruf besar = %d\nHuruf kecil = %d\nangka= %d\ntanda baca= %d”,besar,kecil,angka,tanda);

}

  • Facebook
  • Twitter
  • Google+
  • Pinterest

program setelah di-run

 

4. Program untuk membuat tulisan berpola

Pada program ini, digunakan static char untuk membuat karakter menjadi statis. erikut programnya

#include<stdio.h>
#include<string.h>

void main()
{
int a,b,c,d;
static char txt[]=”POLITEKNIK ELEKTRONIKA NEGERI SURABAYA”;
static char hasil[50];

c=d=37;
for(a=0; a<=strlen(txt)-1; a++)
{
for(d=1; d=c; d++)

for(b=0; b<=a; b++)
hasil[b]=txt[b];
printf(“%s”,hasil);
}
getch();
}

 

 

 

 

 

 


 

Setelah belajar tentang string seperti di atas, kita jadi tahu bahwa string sangat berguna karena jenisnya sangat banyak. Ada yang berguna untuk menyisipkan string, menyalin string, membandingkan string, dan lain sebagainya.

Semoga apa yang kita pelajari ini dapat bermanfaat bagi kita semua. Sebagai mahasiswa yang masih belajar, saya pasti memiliki kesalahan dan kekurangan, maka dari itu, skuy aja untuk menuliskan kritik, saran, dan komentar serta pendapat kalian di kolom komentar yang ada di bawah.

Akhir kata, mohon maaf kalau artikel ini masih banyak yang perlu di tingkat kan. Terima kasih sudah membaca artikel ini. Yang terakhir, jangan lupa “Belajar Bahasa C kita mau, kita bisa!”.

Wassalamualaikum wr wb