Perkembangan teknologi saat ini sudah sangat pesat, dan juga perkembangan media massa semakin mempengaruhi perubahan kehidupan bermasyarakat. Di era ini juga perkembangan media digital juga  sangat pesat sehingga dimanapun kita berada kita bisa mengakses dan mengetahui keadaan di seluruh dunia. Persebaran informasi juga terjadi begitu pesat di media massa dan juga media social.

Media social disini sudah tidak lagi sebagai tempat untuk berkomunikasi  di dunia maya namun juga media social digunakan sebagai sarana menuangkan ide-ide kreatif bahkan ada juga yang memanfaatkan social media untuk berdagang dan mencari penghasilan. Tetapi, media social tidak semuanya digunakan untuk hal-hal yang posif. Banyak masyarakat  yang menggunakan media social untuk membully, menyebarkan hoax. Dan yang lebih parahnya lagi masyarakat lebih tertarik  dengan hal-hal yang berbau hoax dan postingan yang kurang berguna. Berdasarkan apa yang saya amati pengguna media social kurang tertarik dan mengapresiakan karya- karya yang sudah ada di media social.

  • Facebook
  • Twitter
  • Google+
  • Pinterest

Contoh nyata kejahatan dari media social yang bisa berdampak dengan pembullyan oleh seluruh pengguna media social adalah kasus yang beru-baru ini viral. Kasus Audrey, kurang dari 24 jam masyarakat mengetahui semua kasus itu tanpa tahu kebenarannya, dan langsung membully orang-orang yang terlibat di dalamnya. Sehingga muncul juga berbagai akun dukungan untuk Audrey bahkan dari khalangan Artis dan Youtuber ikut serta dalam mendukung hingga berkunjung ke tempat Audrey dirawat. Beberapa hari kemudian muncul lagi klarifikasi dari pihak lain yang membuat pengguna social media atau biasa disebut netizen berspekulasi bahwa Audrey tidak sepenuhnya benar dalam hal ini dan berakhir dengan munculnya netizen yang balik membully Audrey.

Sebegitu dahsyatnya social media yang dalam beberapa hari saja dapat merubah spekulasi masyarakat dan juga merubah pandangan masyarakat tetang suatu hal. Disini membuktikan bahwa masyarakat belum cerdas dalam menggunakan social media. Penggunaan social media yang baik juga berdampak pada pribadi pengguna nya. Seperti berdagang, menunjukkan karya, dan banyak hal.

Karena hal tersebut kita sebagai pengguna media social harus cerdas dalam menggunakannya. Nah berikut ini juga Tips menggunakan social media yang baik.

  • Facebook
  • Twitter
  • Google+
  • Pinterest

  1. Tidak membagikan informasi pribadi

Bukan suatu yang salah jika ingin membagikan informasi pribadi di media social, namun kejahatan bisa dilakukan dengan memanfaatkan informasi pribadi kalian. So, hindari membagikan informasi seperti alamat rumah, jadwal sehari-hari, nomer telpon.

  1. Pilih-pilih teman

Bukan juga suatu masalah untuk memiliki banyak teman, namun pastikan teman yang bergabung di social media mu juga termasuk orang-orang yang memang dikenal. Hal ini bertujuan untuk mengurangi kejahatan ataupun tindakan yang dapat merugikan.

  1. Hindari akun-akun negative

Dalam social media pasti banyak feed yang bermunculan secara random dan dapat emngandung ujaran kebencian dan juga provokatif lainnya. Nah jika menemui hal seperti itu jangan dibaca berlama-lama atau bila perlu bisa blokir akun tersebut.

  1. Periksa kembali sebelum membagikan konten.

Dalam media social banyak juga berita palasu, nah untuk itu  coba berpikir ulang sebelum memposting ataupin berkomentar dalam social media.

  1. Gunakan untuk pengembangan diri

Untuk membuat social media lebih bermakna, coba gunakan untuk media pengembangan diri. Seperti tergabung dalam komunitas, mencari informasi workshop dan kegiatan-kegiatan positif yang kamu sukai.

  1. Jadikan sebagai sarana personal branding.

Personal branding dalam media social juga penting loh, bisa juga membuat lebih terkenal mengenai produk atau karya yang kamu buat dan kamu hasilkan.

Nah, sudah tahu kan apa saja keuntungan positif dalam bersosial media, maka dari itu dari sekarang mulailah cerdas dalam menggunakan social media. Dengan cerdas menggunakannya maka banyak orang yang akan lebih segan dan juga menghargaimu. Ingat ! Tanganmu Harimaumu.