Assalamualaikum Warahmatullahi Wabarakatuh, salam sejahtera bagi kita semua , Shallom , Om  Swastiastu, Namo Bhuddaya , Salam Kebajikan. Selamat pagi, siang, sore dan malam wahai teman teman, arek arek, konco konco, nak kanak, rencang rencang KM – PENS, bagaimanakah kabar hari ini ?, pasti tentunya baik dungggss…. wkwkwk, tentunya meskipun laporan dan tugas menyerang secara bersamaan, usahakan tetap JOSS, (JUJUR, ORISINIL, SEMANGAT, SANTUYYYY) ,wkwkwk. Tapi meskipun mereka menyerang secara bersamaan , usahakan kalian tetap ikhlas ya menrimanya, karena :

Segala sesuatu yang pahit, akan terasa manis pada akhirnya apabila kita merasa ikhlas dalam menerimanya. Jikalau pun, segala sesuatu itu adalah hal yang manis, maka akan terasa lebih manis pada akhirnya jika kita tetap ikhlas dan mensyukuri nikmat-Nya. 

-Noerdien_2019

OK ….Pada kali ini saya akan menjelaskan tentang fungsi dalam bahasa c ,apasih fungsi itu ?

Fungsi adalah sub-program yang bisa digunakan kembali baik di dalam program itu sendiri, maupun di program yang lain, atau gampang nya adalah bagian dari sebuah program yang bagian itu terpisah dari program utama dengan tujuan untuk melaksanakan tugas tertentu dalam bahasa c.

Secara umum bentuk fungsi adalah sebagai berikut :

  • Facebook
  • Twitter
  • Google+
  • Pinterest

Agar tidak kebingungan langsung saja menuju pada contohnya :

#include <stdio.h>
int FUNGSI_NUR(int a, int b, int c)
{
int Deskriminan;

Deskriminan = b* b-4*a*c;
return Deskriminan;
}
void main()
{ int a, b ,c;
printf(“FUNGSI MENGHITUNG DESKRIMINAN DARI FUNGSI  y = ax2 + bx +c\n\n\n”);
printf(“Masukkan nilai a : “);
scanf(“%d”, &a);
printf(“Masukkan nilai b : “);
scanf(“%d”, &b);
printf(“Masukkan nilai c : “);
scanf(“%d”, &c);

printf(“Hasil Deskriminan = %d\n”, FUNGSI_NUR(a, b ,c));

}

Pada program tersebut saya akan menghitung nilai deskriminan suatu fungsi y = ax2 + bx + c    dimana saya akan memasukkan nilai a,b,c kedalam rumus deskriminan yaitu D = b2 – 4ac   ,dan memunculkan nilainya pada compiler seperti berikut :

  • Facebook
  • Twitter
  • Google+
  • Pinterest

Jadi pada fungsi tersebur di sub programnya seperti saya menulis rumus nya, lalu pada bagian program utamnya , setelah saya memasukkan nila dari variabel a,b,c  nya, maka saya memanggil fungsi tersebut agar haislnya dapat dicetak.

Jadi seperti itu  teman-teman, arek-arek, konco-konco, nak-kanak, rencang-rencang KM – PENS, semoga yang dapat dibagikan kali ini dapat bermanfaat , dan apabila terdapat kata yang kurang berkenan saya mohon maaf sebesar sebesarnya , sekian , terimakasih , Wallahul muwaffiq ila aqwamit thariq .

Wassalamualaikum Warahmatullahi Wabarakatuh, Om Shanti Shanti Shanti Om, Namo Buddhaya.