Bagi penggemar anime, mungkin “Initial D” tidal seterkenal One Piece, Detective Conan atau Samurai X. Ketika banyak anime bercerita tentang pertarungan, Initial D justru bercerita tentang balapan jalanan atau balapan liar. Tentu ini sesuatu yang berbeda, dan penulisnya Suichi Sugeno pasti tahu tentang itu.

Anime ini menceritakan tentang Takumi Fujiwara, seorang siswa SMA, yang mempunyai bakat luar biasa dalam mengendarai mobil dengan sangat cepat. Bakat ini ditunjang oleh ayahnya, Bunta Fujiwara, yang juga seorang pembalap. Takumi dididik dengan cara mengirimkan tahu dengan naik turun gunung Akina. Anime ini menjadi menarik salah satunya karena hubungan antara sang ayah dan sang anak, bagaimana sang ayah mendidik tanpa anaknya menyadarinya. Pelajaran pertama dari anime ini adalah cinta seorang ayah, ketika mengetahui bakata anaknya lalu mengembangkannya dan mendukungnya. Hal ini hanya Bunta dan temannya, ayah Itsuki yang tahu.

Pelajaran kedua adalah bagaimana seorang Takumi Fujisawa bisa terus belajar dalam setiap pertandingannya. Dia tidak pernah memandang rendah lawannya. Dia selalu berusaha dengan yang terbaik. Dia menganggap kalah dan menang itu bukan tujuan, karena tujuannya adalah belajar dan belajar. Dengan bakat dan kemampuannya, hal ini menjadikan setiap peryandingannya adalah sebuah paket pembelajaran yang lengkap.

Pelajaran ketiga ada jangan pernah memandang remeh orang lain. Salah satu penyebab kemenangan Takumi dalam setiap pertandingannya adalah dia memakai mobil jadul AE86 buatan Trueno. Hal ini membuat lawan-lawannya memandang remeh, padahal mobil ini sudah dimodifikasi oleh Bunta agar cocok dengan Takumi sehingga menjadi mobil yang luar biasa. Banyak orang selalu memandang luarnya saja. Lawan-lawan Takumi akhirnya menyadari bahwa mereka salah menilai mobil AE86 ini dan akhirnya menelan pil pahit kekalahan.

Mungkin saat ini baru tiga hal yang bisa saya tuliskan dari anime Initial D ini. Masih banyak yang lainnya. Dan yang tidak kalah penting adalah serunya pertandingan yang disuguhkan dalam setiap episodenya. Ini menjadi anime yang saya sukai setelah Samurai X.