• Facebook
  • Twitter
  • Google+
  • Pinterest

Cabang-cabang olahraga Indonesia yang memiliki banyak peminat renang adalah, hal ini dibuktikan dengan berbagai kejuaraan renang yang dipertandingkan dari tingkat regional hingga tingkat internasional seperti permainan ASEAN. Dalam setiap latihan diperlukan ketekunan untuk mempelajari setiap teknik dalam olahraga. Sehingga Anda bisa menjalani setiap latihan dengan maksimal dan dapat berkembang di setiap latihan. Pendampingan serta evaluasi bagi peneliti juga diperlukan agar atlet memiliki motivasi untuk maju dan juga dapat melatih mental atlet. Dalam mengevaluasi, tentu saja, pelatih dan atlet harus dapat memahami kesalahan teknis yang dibuat kami mengusulkan aplikasi mobile untuk olahraga renang yang terintegrasi dengan sensor menangkap gerak wearnotch. Aplikasi ini berjalan dengan baik, sensor ini dapat menangkap dan mengirim data atlet ke perangkat dan meneruskannya ke database.

Implementasi penangkapan gerak menggunakan kamera sangat baik jika digunakan di ruang tertutup tetapi menyebabkan data noise sebagai hasilnya saat digunakan dalam air dan juga mahal.
Ketika melakukan latihan atletik secara teratur dibutuhkan pengembangan pada setiap pertemuan pelatihan, untuk memberikan hasil yang baik ketika berpartisipasi dalam kompetisi. oleh karena itu pentingnya teknologi dapat memonitor setiap atlet sambil melakukan latihan rutin. Teknologi motion capture yang baik saat ini, menggunakan kamera dan juga hasil yang baik saat mengambil data. tetapi biaya yang ditanggung dan juga efisiensi yang didapat tidak sebanding dengan kebutuhan yang instan. Pemrosesan data yang lebih cepat diperlukan sekarang, oleh karena itu kami menciptakan sensor penangkapan gerak Wearnotch, menangkap gerakan yang mampu menangkap gerakan menggunakan Bluetooth sebagai media transmisinya, data yang direkam ke dalam basis data dan dapat digunakan sebagai referensi untuk evaluasi di masa depan, gaya berenang mempengaruhi waktu kecepatan dalam menyelesaikan pertandingan. Garis besar inovasi adalah menerapkan aplikasi seluler untuk olahraga renang yang terintegrasi dengan sensor menangkap gerak wearnotch.

  • Facebook
  • Twitter
  • Google+
  • Pinterest

Yang digunakan adalah wearnotch bahwa dengan menggunakan prinsip giroskop dapat menangkap pergerakan atlet renang dengan Bluetooth sebagai media untuk mentransfer data dalam sistem, output dari sistem ini adalah aplikasi yang dapat memvisualisasikan gerakan berenang dalam 3D. Atlet melakukan gerakan berenang, gerakan renang dari data atlet yang diambil oleh sensor dan dikirim ke aplikasi android. Kami sangat menghargai komite olahraga nasional Indonesia Surabaya yang telah membantu kami mengumpulkan data.