PERCOBAAN 2
Expression (Operator & Operand) & Statement
I. Tujuan
Mempelajari dan mengamati penggunaan operator aritmatika seperti +, -, /, dan %(modulus) dan operator unary seperti – (minus), ++(increment), dan – (decrement) yang dipadukan dengan tipe variable dasar yaitu int (bilangan bulat) dan float (presisi tunggal). Double (presisi ganda) dan char.
II. Teori
Suatu Expression adalah terdiri atas dua bagian yaitu operator dan operand yang dikombinasikan menjadi satu. Operator adalah symbol yang digunakan untuk melakukan proses operasi satu atau beberapa operand. Operand adalah bagian yahg paling sederhana dari Expression. Operand dapat berupa konstanta seperti 339, 55, 132 dan seterusnya atau berupa variable seperti x, y, jumlah, selisih, dan sebagainya. Statement adalah unsur dasar pembentuk suatu program. Ada 3 jenis statement, yaitu expression statement, compound statement, dan control statement. Expression statement adalah statement yang diikuti dengan tanda titik koma [ ; ] (semi colon). Compound statement adalah dua atau lebih statement yang dikelompokkan menjadi satu dengan cara memberi batas tanda kurung awal dan akhir, sehingga tidak perlu diakhiri dengan tanda titik koma pada akhir dari compound. Control statement adalah statement yang mengendalikan langkah-langkah program, contohnya for loop, while loop, dan if-else. Symbolic Constant adalah suatu nama dimana digunakan untuk menggantukan suatu nilai tertentu, sehingga akan lebih mudah dalam pembacaan suatu program, contohnya #define PI 3.14, untuk membedakan dengan variable maka nama ditulis denhgan huruf besar seperti PI.
III. Program percobaan
Mengamati tipe variable yang digunakan untuk menyimpan suatu nilai sesuai dengan tipe dari masing-masing nilai yang diberikan. Missal bilangan bulat, dapt ditampung dengan tipe integeryang mempunyai jangkauan dari -32768 sampai 32767, bilangan pecahan dengan presisi tunggal dapat disimpan dengan tipe variable tipe float yang mempunyai jangkaun dari 3.4×10-38 sampai 3.4×1038 (7 angka presisi), bilangan pecahan dengan presisi ganda dapat disimpan pada tipe variable double yang mempunyai jangkauan dari 1.7×10-308 sampai dengan 1.7×10308 (15 angka presisi), long double mempunyai jangkauan dari 3.4×10-4932 sampai dengan 3.4×104932 (19 angka presisi) dan tipe variable char dengan jangkauan nilai dari -128 sampai 127 (satu karakter).

  • Facebook
  • Twitter
  • Google+
  • Pinterest