Televisi merupakan salah satu media yang memilki banyak pengguna di dunia. Daripada media cetak, televisi lebih banyak diminati masyarakat karena tak hanya menyajikan tulisan ataupun suara, namun juga gambar yang menambah daya tarik penonton.

 

Televisi sudah sangat akrab di kehidupan kita sehari-hari untuk menonton acara-acara yang disiarkan oleh stasiun televisi mulai dari hiburan seperti kuis dan film favorit berbagai genre ataupun siaran olahraga. Tak hanya itu juga terdapat siaran berita yang dapat memberikan informasi pada penonton. Menariknya siaran televisi dapat dinikmati secara langsung (Live) sehingga informasi yang diperoleh lebih aktual.

 

Siaran Langsung atau LIVE merupakan suatu proses produksi yang sesuai dengan kenyataan saat itu sehingga apa yang dilihat di televisi pemirsa merupakan gambaran nyata baik waktu maupun lokasi. Siaran langsung memiliki risiko kegagalan baik masalah teknis maupun operasional.

 

Dalam siaran langsung sering muncul Master Control Room (MCR) disebut juga ruang kendali siaran televisi merupakan ruangan yang berisikan perangkat teknis utama penyiaran dalam mengontrol segala proses siaran stasiun televisi. MCR menjadi pusat dari segala kegiatan produksi siaran yang ada di stasiun penyiaran televisi. MCR sangat penting karena semua materi siaran baik acara secara langsung (live) maupun rekaman di studio, harus melalui MCR terlebih dahulu, sebelum akhirnya dipancarkan melalui pemancar. Materi siaran berupa iklan, logo stasiun televisi, program-program acara, running text dan sebagainya, semuanya telah disiapkan di MCR untuk ditayangkan.

 

Pada dasarnya ada 3 Job utama saat LIVE atau yang biasa disebut tim LIVE. Orang-orang tersebut adalah :

  • Reporter

Bertugas untuk membawakan dan menyampaikan informas didepan layar. Seorang reporterĀ  harus selalu terhubung dengan seseorang di MCU agar informasi yang perlu diinformasikan ataupun ditanyakan ke narasumber bisa pas dan sesuai. Reporter dan MCU dapat terhubung dengan cara melakukan panggilan atau telepon. Olah karena itu, alat komunikasi dan headset tidak boleh luput untuk dibawa karena sangat dibutuhkan untuk singkronisasi dan memudahkan komunikasi.

  • Camera Person

Bertugas untuk mengambil segala footage yang diperlukan untuk kepentingan penyiaran. Sama seperti reporter, seorang campers juga harus selalu terhubung dengan seseorang di MCU agar gambar yang diambil beserta timingnya pas dan sesuai. Campers dan MCU dapat terhubung dengan cara melakukan panggilan atau telepon. Olah karena itu, alat komunikasi dan headset tidak boleh luput untuk dibawa karena sangat dibutuhkan untuk singkronisasi dan memudahkan komunikasi.

  • Driver

Bertugas mengantarkan tim ke lokasi kejadian dan mengoprasikan TVU. Seorang driver harus bisa mengendarai mobil dengan cepat dan lihai agar dapat sampai ke lokasi tepat waktu. Selain mengantarkan tim, driver juga harus depat mengoprasikan TVU. TVU ini dioprasikan untuk melihat pengambilan gambar yang nantinya akan dipancarkan.

 

Dalam beberapa kali LIVE yang telah saya ikuti, ada beberapa perlengkapan yang harus dibawa yakni :

  • Kamera
  • Tripot
  • TVU
  • Mic
  • Pemancar
  • Headset
  • Alat komunikasi (handphone)