Haii para mahasiswa yang sudah memasuki masa-masa akan melaksanakan Kerja Praktik (KP) penting banget nih buat kalian untuk benar-benar mempersiapkan segala hal agar cepat mendapat tempat KP atau magang.

1.Hubungi atau Datangi Perusahaan Sebelum Membuat Proposal Pengajuan

Setelah kalian benar-benar sudah memikirkan berbagai hal untuk menentukan tempat KP, kamu gausah ragu untuk menghubungi terlebih dahulu atau mendatangi kantor perusahaan tersebut. Tanyakan dan Pastikan kuota, jadwal magang, divisi atau bidang yang bisa kamu daftar, berbagai kegiatan yang dilakukan di kantor dan sebagainya. Pastikan dulu bahwa perusahaan tersebut nyaman untuk membuat kamu lebih berkembang dalam belajar. Selain itu hubungi perusahaan dan tanyakan dokumen yang perlu kamu bawa saat ke perusahaan.

2.Pastikan Portofoliomu Sesuai Bidang yang Didaftar

Jika dokumen sudah sesuai dengan bidang yang kalian daftar. Jangan kalian lampirkan semua karya yang pernah kalian buat. Tetapi pilih yang terbaik dan yang sekiranya ada kaitannya dengan divisi yang kalian pilih.

3.Pertimbangkan Lokasi Tempat Kerja Praktik

Buat kalian yang ingin mendaftar KP pasti ingin ke Ibu Kota atau ke tempat yang jauh. Namun kalian harus mempertimbangkan dari dana, lokasi yang aman, dan juga cari informasi pada kakak tingkat yang pernah KP di perusahaan yang kamu inginkan. Jika ingin ke suatu tempat pertelevisian, terkadang jika kamu memilih tempat di Biro maka banyak yang kalian bisa lakukan dan kamu juga bisa banyak berperan dalam proses penayangan. Selain itu, peluang diterima bakalan lebih besar loh!

4.Jangan Takut untuk Menanyakan Kepastian Penerimaan KP

Terkadang ada yang ragu dan takut untuk menghubungi pihak perusahaan. Namun kamu sebenarnya boleh saja menanyakan kepastian penerimaan jika balasan lamaran KP mu belum saja dibalas.

5. Berkomunikasi dengan Baik dan Berani untuk Negosiasi

Buat kalian yang mengubungi perusahaan atau langsung datang ke tempat perusahaan, berilah kesan positif dan jangan takut untuk melakukan negosiasi atau melobi agar mendapat hal yang kalian target di perusahaan itu. Berilah kesan baik padanya, dan coba untuk melobi dengan kata-kata yang sopan dan baik. Jangan takut untuk menggiring pembicaraan/ diskusi dengan menarik saat bertemu dengan pihak perusahaan. Karena jika kamu berhasil melobi atau melakukan negosiasi padanya untuk menyesuaikan targetmu, bisa saja perusahaan tidak ragu-ragu untuk membantumu mendapatkan posisi yang kamu inginkan. Jadi cobalah untuk berkomunikasi dengan baik, beri kesan menarik, serta bawa pembicaraan dengan santai.

6.Berjuang dengan Sungguh-Sungguh

Saat mendaftar, adapun perusahaan yang meminta untuk wawancara atau ada beberapa tes yang perlu dilalui. Jangan takut dan ungkapkan kelebihan mu dan jelaskan apa yang bisa kamu berikan untuk perusahaan tersebut. Tetap tenang dan percaya diri. Terkadang untuk kalian yang termasuk orang introvert, kalian bisa latihan terlebih dahulu dengan teman terdekatmu. Pastikan kamu melakukan yang terbaik dan jangan lupa berdoa. Semangaat!!!