Sebuah studio televisi merupakan sebuah tempat atau ruangan dimana produksi pengambilan gambar berlangsung, baik untuk siaran langsung maupun taping (rekaman). Studio televisi hampir mirip seperti studio foto namun banyak perubahan agar supaya studio televisi sesuai dengan persyaratan khusus dari proses produksi sebuah televisi. Sebuah studio televisi khususnya pada KOMPAS TV ini didesain khusus sedemikian rupa untuk alasan lebih praktis. Pada umumnya dalam sebuah studio televisi terdapat beberapa camera, green screen, lighting, instalasi peralatan dan monitor atau video serta alat komunikasi yang semuanya terhubung pada sebuah control room. Didalam ruang studio 1 atau ruang produksi KOMPAS TV Jatim ini terdapat tiga camera berjenis Video Camera Recorder yang digunakan dalam proses rekaman (taping).

 

Camera (Video Camera Recorder) merupakan sebuah alat yang memiliki fungsi untuk menangkap dan mengambil gambar bergerak atau suara. Kamera studio adalah kamera yang digunakan untuk memproduksi didalam studio televisi. Ciri-ciri dari kamera studio yaitu ukurannya yang besar dan berat. Ukuran yang besar serta beban yang berat dari kamera ini bertujuan ketika proses pengambilan gambar hasil yang didapat benar-benar still (tenang) serta smooth atau halus. Selain itu, kamera studio ini dilengkapi zoom, focus, tripod, view finder dan dilengkapi CCU (Camera Control Unit) yang berada di dalam control room.

 

Studio sering pula digunakan untuk keperluan rekaman (taping). Hasil rekamannya kemudian di proses di jajaran pasca produksi untuk menjalani proses editing. Misalnya gambar-gambar yang tidak perlu harus dibuang, suara yang lemah diperkuat atau yang kuat dikurangi, kemudian diberikan tulisan atau graphic agar tampilannya lebih menarik, atau diberi sisipan suara (dubbing/Voice Over) bila diperlukan. Setelah proses tersebut selesai kemudian diserahkan ke Quality Control untuk kemudian diperkisa kualitasnya. Apabila telah lolos Quality Control barulah dikirim ke Play Out untuk dimasukkan ke dalam tunggu (Play List). Dan program ini kemudian akan ditayangkan pada waktu yang telah ditentukan oleh kru Master Control.

 

Dalam proses editing video,  perlu diperhatikan macam-macam shot / framing yang sesuai sehingga hasil video akan lebih enak dipandang. Terdapat beberapa aspek utama yang wajib diperhatikan,  seperti Ekstra Wide Shot, pandangannya begitu jauh dari subjek bahkan subjek tidak terlihat. Very Wide Shot, subjeknya hampir terlihat namun penekanannya masih pada lingkungannya. Wide Shot, subjek mengambil kerangka penuh, atau setidaknya sebanyak mungkin. Mid Shot, menunjukkan beberapa bagian subjek secara rinci sambil tetap memberi kesan keseluruhan subjek. Medium Close Up, setengah diantara Mid Shot dan Close Up. Close Up, merupakan fitur tertentu atau bagian dari subjek mengambil seluruh frame. ECU (Ekstrim Close Up), menunjukkan detail yang ekstrem pada subjek. Setelah mengetahui macam-macam shot, kemudian diimplementasikan pada saat proses editing video berita yang di peroleh dari Video Jurnalis KOMPAS TV Jawa Timur.

 

Video editing merupakan proses mengolah dan mengatur ulang gambar atau hasil rekaman yang telah diperoleh (direkam). Pengeditan biasanya merupakan salah satu bagian dari proses pasca produksi. Beberapa hal dasar dalam video editing adalah meliputi pemberian tittle, koreksi warna, filter, pencampuran suara, dan pembuatan transisi.

 

Ada banyak alasan untuk mengedit video tergantung dalam hasil yang diinginkan. Dalam proses editting video yang saya lakukan di Kompas TV ini adalah editting video yang diperoleh dari liputan Video Jurnalis KOMPAS TV Jatim. berkut adalah tahapan dalam proses editting video :

  1. Menghapus rekaman yang diinginkan

Hal ini merupakan hal paling sederhana dan paling umum dilakukan dalam proses editing video. Hanya dengan menyingkirkan gambar yang dirasa cacat atau tidak diinginkan.

  1. Memilih rekaman yang terbaik

Memilih hasil rekaman yang dirasa terbaik dan dirasa penting dan diperlukan

  1. Membuat aliran cerita atau informasi

Sebuah video berita bertujuan untuk memberikan alur cerita atau informasi yang akan disampaikan. Mengedit merupakan langkah penting dalam memastikan apakah video tersebut memiliku alur cerita sesuai dengan naskah berita yang nantinya akan disampaikan.

  1. Penambahan efek, music atau grafik
  2. Tahap terakhir yaitu tahap rendering video

  • Facebook
  • Twitter
  • Google+
  • Pinterest

Proses editting video menggunakan adobe premier