Haii buat kalian para mahasiswa yang bingung cara mencari tempat Kerja Praktik atau magang, gausah bingung. Yap, dengan KP ini kalian dapat mempersiapkan diri untuk menghadapi dunia kerja. Walaupun terkesan masih dalam tahapan belajar, dunia KP ini juga penuh persaingan dan penting buat kalian untuk mencari pengalaman. Semangat untuk KP pun juga terkadang terputuskan karena beranggapan sulitnya mencari tempak KP. Inilah beberapa tips buat kalian yang sedang mencari tempat KP.

1.Ketahui Passionmu atau Bidang yang Disukai

Sebagian dari kalian pasti bingung untuk menentukan tempat KP. Pertama yang harus kalian lakukan adalah pikirkan passion kalian dimana, dan juga apa sih bidang yang kalian sukai? Hal ini jangan disepelekan, karena ini penting juga dalam keberlangsungkan kalian di tempat KP loh.. Bisa juga kalian ingat-ingat dalam mata kuliah, apa yang paling kalian minati dan itu membuatmu lebih bersemangat dalam pembelajaran. Yap segera pikirkan dan tentukan yaa!

2. Manfaatkan Jaringan di Kampus

Dalam perkuliahan kalian pasti punya banyak kenalan kakak tingkat, ataupun alumni. Dengan itu kalian bisa sharing-sharing dan juga meminta list beberapa tempat KP yang pernah ditempati oleh kakak tingkat kalian. Atau bisa juga dengan cara mencari tahu ke beberapa alumni yang sudah bekerja. Disitu kalian bisa menanyakan mengenai kerja praktik disana. Terkadang ini juga bisa sebagai alternatif lain jika kalian masih kesusahan mencari tempat KP. Karena adaya alumni disana kadang bisa membantu kalian untuk diterima.

3.Cari Lowongan KP secara Online

Di era seperti ini udah gampang banget kan mencari berbagai informasi melalui internet. Banyak juga platform yang bisa kalian cari informasi magang. Kalian bisa cari di google, ataupun Instagram. Disini kalian bisa mencari lowongan magang melalui berbagai akun yang menyediakan informasi magang seperti magangjabodetabek, edulatern, loker_magang, dan masih banyak lagi. Tapi pastikan cari dengan jadwal yang sesuai dengan jadwal Kp kalian ya!

4. Jangan Mengulur Waktu

Dalam proses KP, jadwalnya pasti disekitar bulan yang sama atau tidak jauh dari jadwal tahun lalu. Jadi kalian harus persiapkan jauh-jauh hari, dan mencari informasi sebanyak-banyaknya dari kakak tingkat. Apalagi buat kalian yang mencari tempat KP di bidang pertelevisian. Jarang sekali perusahaan yang akan menerima kalian jika mendaftar di waktu yang mepet dengan jadwal KP yang sudah ditentukan. Kalau memang sudah menargetkan suatu perusahaan, dan tidak ada informasi bahwa belum memberi lowongan KP, kalian bisa langsung datangi perusahaan, atau menghubunginya. Ingat, kalian juga bersaing dari banyak universitas lain.  Jadi jangan malas-malasan untuk mempersiapkan di jauh hari ya!

5. Belajar, Bisa dari Manapun

Sebagian besar dari kalian pasti mengincar suatu perusahaan besar atau instansi pemerintahan agar terlihat keren, dan bisa meningkatkan gengsi hehe. Tapi yang perlu kalian tahu bahwa pengalaman kerja bisa dari mana saja. Carilah tempat yang menurut kalian benar-benar bisa membuatmu lebih berkembang dan belajar. Jadi, carilah informasinya dengan lengkap dan jangan terburu-buru untuk memutuskan tempat KP.

6. Pilihlah Tempat KP yang Sesuai dan Buatlah Daftar Listnya

Tidak ada salahnya untuk kalian yang membuat list beberapa tempat yang kalian targetkan. Karena itu bisa menjadi pertimbangan untuk plan B, C, D dan seterusnya. Namun carilah dan hubungkan itu dengan ketertarikan kalian dengan ilmu yang ingin kalian dapat. Karena nantinya dari KP ini kalian bisa lebih tahu kemana target kalian dalam berkarir.

7. Persiapkan Dokumen

Dari jauh-jauh hari kalian bisa mempersiapkan beberapa dokumen seperti proposal, Curriculum Vitae (CV), dan juga portofolio. Karena pastinya format proposal kampus juga gabakalan beda jauh dari tahun sebelumnya. Jadi kalian bisa minta proposal kakak tingkat kalian sebagai referensi. Siapkan juga CV karena ada beberapa perusahaan yang meminta CV, ataupun portofolio. Segera pilah karya terbaik kalian dan susunlah menjadi portofolio yang menarik. Jadi kalian harus persiapkan semuanya ya!

8. Pastikan Pilihan Tempat Kerja Praktikmu Belum dipilih Teman

Sering terjadi tempat KP yang diinginkan sudah dipilih oleh teman kalian. Pastinya gamau kan, jadi kamu tidak perlu menunggu yang lain, kamu bisa langsung membuat list tempat KP di grup kelas atau grup jurusanmu. Ini sangat penting untuk dilakukan, agar tidak terjadi perpecahan diantara kalian hehe. Tetapi bisa saja kalian langsung memilih teman terdekatmu atau teman yang menginginkan ditempat yang sama untuk dijadikan sebagai kelompok. Karena peraturan kampus maksimal ada tiga orang di suatu perusahaan. Tetapi terkadang perusahaan hanya menerima satu atau dua orang saja dari satu kampus. Jadi pastikan dulu perusahaan itu memberikan berapa kuota

9. Jangan Mudah Putus Asa

Dalam mendaftar KP yang sering menjadi kendala yaitu kuota penerimaan di perusahan tersebut. Pastikan kembali kuota yang disediakan perusahaan, sebelum kalian mendaftar kesana. Selain itu ada juga perusahaan yang lama dalam membalas surat lamaran kalian. Disini kalian bisa langsung terus menghubungi melalui email, nomor humas, ataupun bisa langsung telepon kantor. Selain itu, kalau ada yang ditolak dalam mendaftar KP, kalian gaboleh langsung menyerah gitu aja. Ingat kembali list yang sudah kalian buat, dan kalian bisa mencoba untuk mendaftar di lain tempat. Tetap semangat dan jangan gampang menyerah!