• Facebook
  • Twitter
  • Google+
  • Pinterest

Poster dari Pengembangan desain holder kamera untuk video 3D anaglyph

Dari judul diatas saya membuah sebuat pengembangan desain alat yang pernah mendapat juara 1 di ajang bergengsi antar mahasiswa yaitu Pekan Ilmiah Mahasiswa Nasional.

Video 3 dimensi adalah sebuah video yang dapat mengeluarkan efek seolah-olah merasa ada di dalam video tersebut, maka dari itu video 3D adalah video yang impresif. Namun pada saat ini alat yang sudah ada masih memiliki kekurangan dalam pengukuran jarak antar lensa kamera yang dibutuhkan untuk mendapatkan kedalaman yang bagus, Selain itu tidak semua orang paham dan mampu membuat video 3 dimensi karena masih kurangnya pemahaman dalam pengoprasian kamera profesional tersebut, sehingga tidak semua orang dapat menikmati video 3 dimensi. Oleh karena itu dibuat sebuah pengembangan desain alat dari automatic 3D anaglyph action camera holder yang lebih mudah dan murah yang digunakan untuk meningkatkan produksi video 3D. Automatic 3D anaglyph action camera holder dibuat dengan menyatukan beberapa komponen  alat yang terdiri dari tripod, action camera, shoe mount, dan automatic 3D holder. Selanjutnya dilakukan pengambilan gambar dengan mengarahkan action camera pada sudut yang sesuai  dan  mengatur kedua action camera pada jarak yang sesuai dari pusat holder, sehingga pengambilan gambar lebih tajam dan terlihat efek kedalamannya. Pengujian alat Automatic 3D anaglyph action camera holder dilakukan dengan menyatukan dua video yang dirubah komponen RGBnya menjadi red-cyan, yang merupakan salah satu metode yang digunakan dari banyak cara untuk membuat gambar 3D dari dua gambar stereoscopic yang disebut anaglyph. Dengan demikian, pengaturan untuk membuat video 3 dimensi menggunakan alat automatic 3D anaglyph action camera holder ini adalah jarak antar kamera yang diharapkan adalah sekitar 6cm, kemudian jarak kamera dengan objek yang sesuai sekitar 100 cm – 200cm, lalu sudut kamera yang sesuai adalah sudut 0°.

Video 3D Anaglyph red cyan mampu memberikan efek kedalaman video menggunakan kacamata 3D pasif. Namun pembuatan video 3D cukup sulit dikarenakan harga kamera 3D berkisar ratusan juta rupiah serta pengoperasian yang sulit dan memakan waktu ± 1 minggu untuk pengerjaannya.

  • Facebook
  • Twitter
  • Google+
  • Pinterest

Proses pengambilan gambar

Dengan adanya pengembangan desain alat dari 3D Holder dan aplikasi 3D Converter Mobile,  video 3D dapat diproduksi dengan mudah dan murah. Orang awampun mampu membuat video 3D nya sendiri hanya dengan melakukan pengaturan tertentu pada alat 3D Holder dan klik aplikasi 3D Converter Mobile untuk mengkonversi video 2D ke 3D.