• Facebook
  • Twitter
  • Google+
  • Pinterest

Salah satu kegiatan yang tidak dapat lepas dari kegiatan pembelajaran adalah penilaian. Penilaian atau Assessment dapat digunakan sebagai tolak ukur kemampuan yang dimiliki oleh seseorang. Saat ini sistem pembelajaran pada perguruan tinggi mulai mengalami perubahan yakni dari bentuk Teacher Centered Learning (TCL) ke Student Centered Learning (SCL). Student Centered Learning (SCL) merupakan strategi pembelajaran yang menempatkan mahasiswa sebagai peserta didik yang aktif dan mandiri.

Dalam perguruan tinggi penilaian atau  Assessment sangat diperlukan untuk menunjang sistem pembelajaran Student Centered Learning. Adanya penilaian dalam belajar sangat dibutuhkan untuk mengetahui sudah seberapa tingkat kemampuan yang dimiliki seorang mahasiswa. Self Assessment adalah penilaian yang dilakukan dengan berbagai cara dan penggunaan beragam alat penilaian untuk memperoleh informasi tentang sejauh mana hasil belajar seseorang atau ketercapaian kompetensi (rangkaian kemampuan) seseorang.

Ada banyak media yang digunakan untuk membangun Self Assessment, salah satunya ialah web. Dengan berkembangnya sistem informasi dan komunikasi, pembuatan web dapat mendukung pembelajaran menggunakan Self Assessment. Maka dari itu, untuk menunjang sistem pembelajaran Student Centered Learning pada mata kuliah Statistika di Prodi MMB, diperlukan tool sebagai bentuk penilaian diri mahasiswa, yang mana bisa menjadi evaluasi diri dan dapat mengetahui seberapa kemampuan yang telah dicapai oleh seorang mahasiswa. Untuk itu, dibuatlah sebuah platform Self Assessment berbasis web untuk mata kuliah Statistika Prodi MMB.