• Facebook
  • Twitter
  • Google+
  • Pinterest

Sebagian besar masyarakat dunia mengetahui bahwa abad pertengahan, merupakan masa dark age, dimana kegelapan dan ketertinggalan menyelimuti peradaban dunia. Hal tersebut dinyatakan karna berdasarkan pada kondisi benua eropa pada saat itu. Namun, hal tersebut merupakan sebuah pandangan yang sempit karna di bagian lain dari benua eropa, pada saat yang sama wilayah dunia islam telah sampai pada sebuah peradaban yang tinggi pada segala aspek kehidupan, baik pada asas keilmuan, pendidikan, kesehatan, pemerintahan, sastra, sains, seni bangunan dan bidang-bidang lainnya. Yang kemudian masa tersebut disebut sebagai golden age of islam.

Baitul hikmah didirikan pada daulah abbasiyah, berawal sebagai perpustakaan pribadi khalifah abu ja’far al-manshur di kota Baghdad. Baitul Hikmah (House of Wisdom) merupakan pusat ilmu pengetahuan pertama di dunia islam. Baitul Hikmah merupakan pusat akademik ilmiah yang terkenal dalam sejarah. Dibangun oleh Khalifah Harun Al-Rasyid yang awalnya berfungsi sebagai perpustakaan.

Tempat ini berfungsi sebagai perpustakaan, pusat penerjemahan, pusat penelitian dan penulisan, serta lembaga pendidikan berijazah. Namun, masih banyak masyarakat yang belum mengetahui mengenai tempat bersejarah ini. Untuk mengenalkan masyarakat mengenai Baitul Hikmah, dibutuhkan media yang sesuai sehingga informasi dapat tersampaikan dengan baik. Salah satu media yang dapat digunakan adalah video dengan implementasi motion design. Dengan menggunakan video motion design untuk mengenalkan Baitul Hikmah, masyarakat akan lebih mudah memahaminya.