apakah kamu mengetahui pengertian depresi? gejala yang bisa diamati dan cara penanganannya? setelah dilakukan survei, setengah dari jumlah responden masih belum mengetahui pengertian, gejala, dan cara menangani seorang remaja yang sedang mengalami depresi. Untuk itu penting sekali memberikan edukasi mengenai hal ini, salah satunya melalui media video explainer.

Pada Masa Remaja Seseorang Akan Mengalami Perubahan Aspek Biologis, Psikologis, dan Juga Aspek Sosial. Namun pada umumnya proses kematangan biologis terjadi lebih cepat dari proses pematangan psikologis. Sehingga hal ini menyebabkan remaja rentan untuk mengalami berbagai masalah psikologis, salah satunya depresi. Padahal remaja merupakan generasi penerus bangsa yang mempunyai peran penting di masa yang akan datang.

Video explainer ini menjelaskan pengertian depresi ringan secara singkat, mengapa depresi ringan karena dari total remaja yang depresi, 87,5% diantaranya mengalami gangguan depresi ringan.  Depresi ringan dengan kesedihan pada biasanya, kesedihan bisa datang dengan tiba-tiba namun ketika keadaan berubah, rasa sedih akan menghilang dengan sendirinya. Sedangkan depresi merupakan kondisi dimana mood menjadi sangat rendah atau tidak tertarik untuk melakukan apapun sepanjang hari dan hal ini terjadi secara terus menerus.

Ada beberapa gejala yang dapat diamati salah satunya adalah adanya rasa inferior dan tidak yakin terhadap banyak hal. Dan cara penanganan yang masih dianggap sebelah mata adalah dengan membawa penderita depresi ketenaga ahli untuk ditangani secara profesional. Banyak yang belum tahu dan masih menganggap bahwa seseorang yang pergi ke psikolog/psikiater adalah orang gila, padahal dengan pergi ketenaga ahli kita bisa mendapatkan analisa yang lebih akurat dari tenaga ahli tersebut karena kita tidak boleh melakukan self diagnose hanya dengan berbekalkan google. Untuk itu video ini dibuat selain dengan tujuan mengedukasi, dengan adanya video ini diharapkan masyarakat lebih peka terhadap sekitar dan lebih memperhatikan kesehatan mental.

 

  • Facebook
  • Twitter
  • Google+
  • Pinterest