Pada zaman sekarang ini board game semakin banyak dan beragam baik bentuk maupun temanya. Salah satu tema yang cukup populer diangkat dalam pembuatan board game adalah Olahraga. Selain karena beberapa board game seperti catur sudah dianggap sebagai salah satu cabang olahraga, ternyata beberapa cabang olahraga seperti basket, baseball, sepak bola, dan bahkan balap kuda dapat dijadikan permainan di atas papan juga. Contohnya yaitu Horse Racing Board Game, Football Board Game, UA-Chess, dan terakhir Thunder Alley. Board game olahraga ini memiliki banyak manfaat diantaranya yaitu sebagai sarana hiburan, sarana pengenalan terhadap olahraga yang diangkat menjadi tema, dan sarana pembelajaran dasar seperti kerjasama, sportifitas, dan keaktifan.

Board game olahraga memiliki ciri-ciri yaitu dimainkan di atas permukaan pelantar datar, bisa diputar, dapat saling bertukar peran, dan memiliki bagian-bagian wilayah berwarna-warni [1]. Selain itu board game ini terdiri dari berbagai macam bidak permainan dan lingkaran goal yang terpasang pada pelantarnya. Cara bermainnya ada yang digeser di atas papan permainan, memindahkan bidak dengan mengangkatnya di atas papan permainan, dan ada yang dimainkan dengan menjentikkan sebuah bidak atau bola kecil agar masuk ke dalam goal.

Salah satu contoh board game olahraga adalah “Horse Racing Board Game”. Board game ini terdiri dari papan permainan yang dapat dilipat dan memiliki enam bagian jalur pacuan kuda, bidak berupa kuda dan pengendaranya, tiga dadu, koin, dua tiang bendera, dan papan untuk menulis skor. Cara bermainnya adalah pemain akan memilih salah satu kuda dan mempertaruhkan sejumlah koin. Setelah itu kuda akan bergerak sesuai dengan jumlah angka yang muncul pada dadu. Jika kuda pilihan pemain menang, maka pemain akan mendapatkan semua koin yang Ia taruhkan tadi sekaligus tambahannya. Mekanisme board game ini tidak jauh beda dengan balapan kuda pada lapangan, hanya saja berbentuk board game dengan dadu dan bidak. Tujuannya selain untuk menghibur juga melatih kemampuan untuk menganalisa keadaan dan menentukan strategi agar dapat menang [2].

Contoh lain yang juga berasal dari penelitian adalah “Football Board Game”. Board game ini mensimulasikan permainan sepak bola yang dimainkan oleh dua orang atau lebih dengan mengikuti peraturan dari game “Fantasy Football” [3]. Board game ini terdriri dari sebuah papan permainan yang mirip dengan lapangan bola dengan sebuah jalur yang mengelilingi lapangan tersebut. Jalur itu dibagi menjadi beberapa kotak yang berisikan instruksi yang harus dilakukan oleh pemain. Selain itu board game ini menggunakan beberapa tumpuk kartu yang disediakan terpisah dan melambangkan pemain dan instruksi untuk tim yang dimainkan oleh pemain tersebut untuk menjalankan permainan. Cara memainkannya adalah pemain memilih tim yang akan dimainkan, setelah itu pemain akan memegang semua kartu tim, lalu melempar dadu untuk menggerakkan bidak di sekitar papan permainan, dan menggerakkan tim sesuai dengan instruksi yang didapat.  Pemain dinyatakan menang jika dapat mencetak skor sebanyak-banyaknya dibanding pemain lain.

Selain berbentuk fisik, ada juga board game yang dibuat digital salah satunya adalah UA-Chess yang diteliti oleh Gramenos. Pada hasil penelitiannya dituliskan bahwa UA-Chess adalah permainan catur yang dapat dimainkan di browser web. Karakteristiknya adalah permainan catur ini dapat diakses oleh siapa saja dengan cara bermain yang berbeda-beda bahkan untuk orang-orang yang memiliki disabilitas. UA-Chess memberi akses kepada dua orang pemain melalui internet dan komputer yang sama untuk saling berkompetisi dengan caranya masing-masing. Cara bermainnya sama seperti catur biasa hanya saja pada UA-Chess, pemain bermain secara virtual dan tidak langsung berhadapan dengan papan permainan dan bidak catur. Selain itu, game ini akan mencatat kebiasaan-kebiasaan pemain saat sedang bermain catur dan mencatatnya di dalam profil [4].

Salah satu contoh produk komersil board game yang bertemakan olahraga adalah “Thunder Alley”. Thunder Alley adalah board game yang menyimulasikan balapan mobil Nascar yang dapat dimainkan oleh dua hingga tujuh orang dalam kurun waktu 90 hingga 120 menit. Game ini dapat dimainkan oleh siapapun yang berumur sepuluh tahun ke atas sehingga sangat cocok untuk dimainkan bersama keluarga [5]. Komponen dari board game ini terdiri dari 2 buah papan permainan yang bisa dilipat, 7 kartu tim, 26 kartu even, 84 mobil balap, 2 kertas counter, dan 1 buku peraturan.

DAFTAR PUSTAKA

[1]        Fitzpatrick, Brian F, and Chase L. Fitzpatrick. “Sports Board Game.” United States Patent, No. 5,709,385, Jan. 1998.

[2]        Cerulla, Frederick A. “Horse Racing Board Game.” United States Patent, No. 4,986,546, Jan. 1991.

[3]        Laporte, Jeffrey. “Football Board Game.” United States Patent. No. 7,232,128 B2, Jun. 2007.

[4]        Grammenos, Dimitrios, Anthony Savidis, and Constantine Stephanidis. “UA-Chess: A Universally Accessible Board Game.” Foundation for Research and Technology – Hellas (FORTH), 2005.

[5]        Horger, Jeff, and Carla Horger. “Thunder Alley.” GMT Games, 2014.