Mengikuti seminar ilmiah adalah hal yang wajib dilakukan oleh dosen dan semua sivitas akademika. Setiap seminar ilmiah mempunyai ciri khas yang berbeda dengan seminar ilmiah yang lainnya. Demikian juga International Conference on Technical and Vocational Education and Training (ICTVET) 2018 yang diselenggarakan oleh Universitas Negeri Jakarta pada hari Sabtu (20/10) di Hotel Grand Mercure Harmoni, Jakarta. Seminar ilmiah ini mengusung tema “Technical & Vocational Education Training on The Industrial Revolution 4.0” sebagai respon dari perubahan teknologi ke arah Revolusi Industri 4.0 yang banyak mempengaruhi berbagai bidang kehidupan manusia termasuk di bidang pendidikan.

Ada hal yang menarik dalam seminar ilmiah ini, baik dalam sesi keynote speaker maupun sesi presentasi paralel. Dalam sesi keynote speaker, tiga penyaji menampilkan tiga sesi yang berbeda dalam revolusi industri 4.0 yaitu cyber-physical, iOT vision sensor dan strategi pendidikan dengan Life Long Learning. Dalam sesi presentasi, muncul banyak hal yang baru dalam hal bagaimana strategi pendidikan menjadi lebih terukur dengan sistem evaluasi dan strategi menjamin mutu, yang sayangnya ini belum banyak dimanfaatkan di dalam pendidikan.

Seminar ini berlangsung dengan suasana yang kekeluargaan, sehingga audiens masih banyak yang hadir sampai akhir acara, hal yang jarang terjadi pada seminar ilmiah yang ada di tanah air. Yang menarik, di sesi istirahatpun digunakan peserta untuk berdiskusi dengan para nara sumber atau presenter yang telah menyajikan hasil penelitiannya. Hubungan yang akrab dan seperti sebuah keluarga ini yang menjadi siapapun yang menjadi best presenter, itu adalah dukungan dari yang lain.