Menyusun kurikulum Matematika dan memberikan materi Matematika untuk mahasiswa Politeknik merupakan tantangan tersendiri. Hal ini disebabkan mahasiswa Politeknik lebih menyukai belajar keterampilan (skill) bekerja dibandingkan belajar yang berbau matematika yang lebih banyak bermain logika. Kurikulum Politeknik mempunyai lebih banyak kegiatan praktek dibandingkan teori.

Sebenarnya hal ini tidak masalah, bila pada akhirnya mahasiswa hanya dituntut untuk mempunyai skill yang luar biasa tanpa perlu kemampuan analisis. Dalam hal ini memang masih ada dualisme dalam pendidikan vokasi. Ada yang berpendapat bahwa matematika tidak perlu terlalu banyak dan lebih baik ditambah dengan kemampuan keterampilan yang lain. Ada juga yang berpendapat bahwa lulusan Politeknik yang berada di level 5 ke atas dalam KKNI, maka tidak hanya dituntut skill yang tinggi, namun juga kemampuan untuk mendeteksi dan menyelesaikan masalah, kemampuan logis, dan kemampuan mengembangkan diri.

Politeknik Elektronika Negeri Surabaya (PENS) menangkap bahwa masih ada peluang bagi mahasiswa PENS untuk tidak hanya memiliki keterampilan yang tinggi di bidangnya, tetapi juga bisa berpikir logis, dan mempunyai kemampuan problem solving. Hal ini membuat mata kuliah matematika menjadi perhatian khusus, mengingat kebanyakan mata kuliah di PENS tidak bisa lepas dari proses logis. Dalam rangka ini, beberapa dosen di program studi Teknik Informatika merasakan pentingnya pengembangan kurikulum matematika.

Untuk bisa meramu dan mengembangkan materi matematika yang cocok untuk program studi Teknik Informatika maka mereka mengundang nara sumber Prof. Dr. Isa Irawan, MT, salah seorang dosen di ITS yang ahli dalam matematika komputasi, untuk memberikan workshop di bidang matematika komputasi. Workshop ini dihadiri oleh dosen-dosen dari program studi Teknik Informatika dan dosen-dosen matematika di PENS dan beberapa teman dosen matematika dari luar PENS. Workshop berlangsung di ruang rapatGedung D4 lantai 2 pada tanggal 20 September 2018.

Dalam workshop ini Pak Isa, nama panggilan dari Prof. Dr. Isa Irawan MT, mengutarakan bahwa matematika adalah hal yang penting untuk sebuah perguruan tinggi. Matematika banyak dimanfaatkan untuk menyelesaikan masalah-masalah teknik, problem solving dan latihan logis. Pak Isa juga memberikan contoh-contoh menarik dari implementasi matematika di bidang-bidang teknik dan informatika, serta kebutuhan matemtika untuk mata kuliah di Teknik Informatika.

Pak Isa juga mengungkapkan materi-materi matematika yang wajib diberikan untuk mahasiswa Teknik Informatika, di antaranya himpunan, relasi, fungsi, logika, teknik pembuktian, aljabar, Graf/Diskrit, probabilitas diskrit, FSM, Bahasa Formal, Metode Numerik teori bilangan dan struktur aljabar. Ada beberapa referensi yang menarik untuk dibaca. Yang intinya matematika berarah pada formulasi persoalan nyata dan mendapatkan solusinya.

Workshop ini memang masih awal untuk bisa memberikan kontribusi bagi pengembangan kurikulum matematika khususnya di program studi Teknik Informatika, namun setidaknya telah menunjukkan awal yang baik dalam menyusun materi matematika apa yang pas untuk Politeknik.