Assalamualaikum Wr. Wb

Dini saya ingin membahas tentang hal yang baru baru ini dipakek nih sama kepolisian lalu lintas Surabaya. Mungkin uda pada tahu semua nih, tentang pemasangan CCTV di tiap perempatan jalan atau lampu merah. Nah saya sangat setuju tuh dengan adanya system kayak gini, meskipun gabisa langsung merubah ketertiban yang ada di Surabaya sih. Minimal berkuarang….

Nah tapi saya gamau bahas itu terlalu dalam karena sebenernya saya ini dikasih tugas sih sama seorang dosen yang kece nih. Tema dari tugas ini adala sebuah multimedia jaringan. Apa hubungannya CCTV dengan MULTIMEDIA JARINGAN ? Nah pastinya setiap cctv yang  terpasang di jalanan itu terintegrasi terhadap suatu system, dan system ini dinamakan Multimedia Jaringan, ini menurut saya loh ya….. Jangan di pakai contekan saat UAS. Pas ditanya Multimedia Jaringan itu apa, ntar lo jawab kayak yang saya tulis. Amsyong deh lu ntar.

Sekarang saya mulai nih dari pengertian CCTV sendiri itu apa :

Closed-circuit television (CCTV) atau yang sering disebut video surveillance yaitu sebuah sistem pengawasan yang menggunakan kamera video untuk mengirim gambar ke tempat tertentu dalam sebuah sistem pengawasan yang terbatas. Tidak seperti TV pada umumnya CCTV ditransmisikan hanya ke tujuan tertentu dan bersifat tertutup /rahasia (closed circuit) baik menggunakan digital atau analog. P          Penggunaan jenis kamera video apapun dan dimanapun  yang bertujuan untuk mengawasi bisa diartikan sebagai CCTV mulai dari toko,bank,sekolah,rumah sakit,hotel,bandara dan tempat-tempat yang memerlukan pengawasan keamanan lain nya. penggunaan CCTV biasanya dipadukan dengan perangkat DVR (Digital Video Recorder) yang berfungsi untuk menyimpan rekaman event yang dikirim dari kamera CCTV itu sendiri .

Untuk komponen komponennya sebagai berikut :

  1. Kamera CCTV
  2. DVR (Digital Video Recorder)
  3. Media Penyimpanan (Harddisk)
  4. Kabel CCTV ( Nah ini sebenarnya kabel coaxial tapi khusus buat cctv karena di lengkapi sama power)
  5. Power Supply
  6. Konektor CCTV (ini biasanya ada 2, yaitu BNC sama DC Power)
  7. UPS
  8. Sensor dan Alarm
  9. Jaringan LAN dan internet

Dari Komponen diatas yang berhubungan sama tugas saya yang nomer 9 nih. Dalam system cctv ini yang dimaksud Jaringan LAN dan Internet itu seperti ini.

Dari gambar yang ditangkap, semua di proses lewan jaringan LAN dan dikirim deh ke server penyimpanan. Buat internet sendiri, terkadang ada kamera yg sistemnya wireless jadi minim kabel. Dan yang pasti aga bisa di akses via smartphone. Sekian tulisan dari saya, semoga bermanfaat ya, meskipun ini gara gara tugas.

Wassalamualaikum Wr. Wb