PKM (Program Kreativitas Mahasiswa) adalah kegiatan rutin tahunan yang membuat mahasiswa harus mencari ide-ide kreatif dalam menyelesaikan permasalahan di masyarakat. Program yang diselenggarakan oleh KEMENRISTEKDIKTI ini membuka peluang untuk mahasiswa yang idenya bagus mendapatkan pendanaan agar idenya bisa diwujudkan. Hal ini salah satu program andalan yang tidak hanya menghasilkan produk-produk kreatif dan inovatif, tetapi juga menghasilkan calon-calon creator dan inovator.

Untuk memperkenalkan kegiatan PKM ini, Himpunan Mahasiswa Multimedia Broadcasting mengadakan kegiatan sosialisasi PKM pada hari Kamis tanggal 27 September 2018 yang berlangsung di Theater Politeknik Elektronika Negeri Surabaya (PENS). Program ini tidak hanya mengenalkan program PKM tetapi juga mengajak dan memberi motivasi mahasiswa, khususnya mahasiswa di lingkungan Departemen Teknologi Multimedia Kreatif, untuk bisa ikut serta dan memeriahkan PKM dengan ide-ide kreatif. Kegiatan ini dibagi menjadi dua sesi.

Sesi pertama adalah memperkenalkan program PKM. Sesi ini diisi oleh Ibu Martianda Erste Anggraeni, salah satu dosen pembina PKM dari Departemen Teknologi Multimedia Kratif. Ibu dosen yang sering dipanggil dengan Bu Wanda ini memberikan penjelasan tentang PKM sebagai salah satu kegiatan kemahasiswaan yang penting. Tidak hanya itu, Bu Wanda juga memberikan tips untuk bisa mendapatkan pendanaan sampai masuk PIMNAS (Pekan Ilmiah Mahasiswa Nasional) yang menjadi ajang bergengsi bagi mahasiswa.

Sesi kedua adalah belajar dari tim Ragil-Ragel-Wulan yang meraih 1 medali emas dan 1 medali perunggu di PIMNAS 31 yang berlangsung di Universitas Negeri Yogyakarta. Gaya presentasi Ragil-Ragel-Wulan yang ceplas-ceplos ini mampu menarik perhatian para mahasiswa yang hadir. Mereka memberikan tips untuk mengikuti PKM sampai PIMNAS hingga menjadi juara. Perjuangan mereka “from zero to hero” diharapkan mampu memberikan inspirasi bagi mahasiswa yang lain. Hal ini membuat mahasiswa mencoba mengeluarkan ide-ide yang menarik di akhir sesi.

Tentu saja, kegiatan ini tidak hanya sampai di sini. Masih banyak yang harus dilakukan agar mahasiswa untuk ikut serta dalam PKM, terlebih lagi sampai lolos pendanaan, masuk PIMNAS sampai menjadi juara di PIMNAS. Himpunan Mahasiswa MMB masih mempunyai kegiatan lanjutan agar tahun ini jumlah keikut-sertaan mahasiswa meningkat. Kemenangan tim Ragil-Ragel-Wulan ini mampu mendongkrak minar mahasiswa di departemen Teknologi Multimedia Kreatif. Momen ini harus bisa ditangkap oleh HIMA MMB untuk memperoleh hasil yang lebih baik di waktu-waktu mendatang,