• Facebook
  • Twitter
  • Google+
  • Pinterest

Dokumentasi saat pengerjaan bumper bersama mahasiswa magang sebagai Asisten Produser, Mas Verico.

HARI ke-8 (30 Juli 2018): BUMPER

Pada hari ini saya mengerjakan tugas kedua yaitu membuat bumper berdurasi 10 detik yang bertemakan HUT RI ke 73 tahun. Hari ini saya mencari sebanyak mungkin video bumper sebelumnya sebagai referensi saya dalam mengerjakan bumper. Setelah saya mendapat referensi, saya juga menentukan konten apa saja yang akan ditampilkan pada bumper tersebut. Kemudian saya mulai mengerjakan bagian intro bumper.

HARI ke-9 (31 Juli 2018): BUMPER

Melanjutkan tugas kemarin, saya menambahkan beberapa teks, transisi, dan konten lainnya. Saya ditemani dengan mahasiswa magang lainnya yaitu Mas Verico sebagai Asisten Produser. Karena beberapa bagian sudah saya kerjakan, Mas Verico membantu saya dalam mengarahkan transisi serta konten yang ditampilkan. Selain itu, Mas Verico juga memberikan saran serta masukan agar animasi yang saya buat sesuai dengan tema.

HARI ke-10 (1 Agustus 2018): REVISI BUMPER + PENUGASAN DESAIN OUTING

Hari ini kami berencana mempreviewkan tugas kami yaitu bumper untuk HUT RI ke 73. Setelah jam makan siang, kami segera menuju ke kantor divisi promo dimana pembimbing kami berada. Kami mendapat banyak kritik untuk bumper dari Pak Kar, Kang Triya, Mas Kiki, Mbak Rani, dan Mas Wildan, dimana transisinya masih terlalu lamban dan kurang sesuai dengan tema, teks yang ditampilkan terlalu cepat sehingga sulit dibaca. Kemudian kami diberi saran sebagai berikut: menambahkan pattern HUT 73 RI, menggunakan efek typewriter, mempercepat transisi dan mengatur timeline menjadi beberapa bagian.

Setelah mendapat revisi, tugas saya tidak berhenti di situ. Saya dan Abdi sebagai desain grafis mendapat tugas dari Kang Triya. Untuk keperluan Outing SCM Group dari HRD SCTV, kami diminta untuk membuat desain kaos, photobooth, spanduk dan T-banner. Kami diberi ketentuan desain harus dibuat seperti apa serta ukuran yang digunakan sebesar apa untuk artboard/kanvas. Tugas tersebut kami bagi menjadi dua, dimana Abdi mengerjakan desain kaos dan photobooth, kemudian saya yang mengerjakan T-banner dan spanduk.

HARI ke-11 (2 Agustus 2018): DESAIN OUTING + REVISI

Hari ini saya dan Abdi mengerjakan tugas yang berikan kemarin. Kami mendapat revisi mengenai konten yang dicantumkan di kaos serta T-banner. Kami juga diberi referensi kaos outing pada tahun sebelumnya. Setelah selesai mendesain semua yang diminta oleh Kang Triya dan Pak Kar, kami memberikan file mentah serta file export. Kemudian Pak Kar menyerahkan desain tersebut ke HRD. Setelah menyelesaikan tugas mendesain untuk keperluan Outing SCM, saya melanjutkan kembali revisi untuk bumper HUT 73 RI. Saya mendapat masukan lagi untuk transisi serta logo di bagian belakang bumper.

HARI ke-13 (3 Agustus 2018): CROPPING STYLE FASHION

Hari ini saya diberi tugas untuk membantu salah satu Asisten Produser Divisi Promo yaitu Mbak Zsazya untuk mengcrop beberapa aset untuk keperluan style fashion dari talent yang akan diajak syuting Promo HUT SCTV 28. Saya menggunakan Photoshop untuk mengcrop beberapa gambar agar backgroundnya transparan.