Tutorial How to take perfect pictures of you FOOD

 

Siapa sih yang tidak mengenal FOOD FOTOGRAPHY, memfoto makanan sebelum dimakan sudah menjadi hal yang biasa bahkan sudah menjadi hal yang menjadi kebiasaan bagi orang-orang apa lagi di era Milenial seperti sekarang, teknik foto makanan sebenarnya basic tak ada teknik khusus tetapi ada beberapa tips yang akan saya sharing agar food photography kita lebih menarik dan perfecto.

1.Menentukan Framing

Tentukan dari sudut mana anda akan mengambil foto makanan tersebut, carilah frame sudut terbaik dari makanan, lihatlah sekitar makanan anda apakah ada benda-benda atau kotoran yang merusak framing makanan yang akan difoto

2.Top Down

Salah satu cara paling populer untuk membingkai foto makanan adalah dengan sesuatu yang disebut metode Top Down. Dalam kebanyakan kasus, makanan Anda umumnya harus berada di tengah-tengah foto Anda, dengan sebagian besar ruang yang sama di semua sisi. Cara termudah (dan salah satu cara terbaik) untuk mencapainya adalah dengan berdiri dan melihat langsung makanan Anda. Ini memberi Anda fleksibilitas untuk membingkai bidikan dengan simetri sempurna.

3.Warna pada Makanan

Warna yang norak atau berlebihan akan membuat semua foto terlihat mencolok. Tetapi

bukan berarti bahwa kita tidak bisa mendapatkan gambar yang baik

dengan menggabungkan warna-warna yang ada nanti.

Faktanya bahwa tidak semua tempat dapat memberikan hasil yang baik dalam pemotretan, maka dari itu kita harus mempertimbangkan komposisi pencahayaan yang akan di gunakan dalam menutupi setiap elemen / unsur pemotretan yang hilang  atau kurang  biasanya memberikan efek yang signifikan pada gambar.

  1. Pencahayaan

Cahaya adalah hal terpenting. Hal ini hal yang terpenting bai FOOD fotografi. jika cahaya yang ada dalam tempat pemotretan terlalu besar, maka itu menjadi tidak baik. Maka dari itu, kita  tetap harus mengatur exposure dan mengontrol cahaya itu sendiri,yang mana akan menunjang kualitas pada food fotografi. Disamping itu juga, jika pemotretan menggunakan cahaya yang sedikit, maka nantinya akan merusak fotomu dan membuat orang-orang kurang tertarik akan foto kita kenapa?. Karena cahaya itu perlu. Remember cahayalah yang memberikan atmosfir kehidupan dalam setiap foto . Jadi, dapat dipstikan bahwa cahaya yang akan digunakan tidaklah terlalu besar ataupun terlalu sedikit sehingga orang-orang menyukai foto-foto kita.

5.Peralatan
Peralatan fotografi yang mendukung antara lain tripod, lensa makro untuk menangkap detail makanan yang berukuran kecil, flash, dan papan reflektor untuk memantulkan cahaya untuk mengisi daerah bayangan tetapi tidak menjadi halangan jika ita memakai smartphone karena diera sekarang sudah banyak smartphone dengan kamera yang memumpuni.

  1. Porsi makan sedikit

Pada umumnya,  orang-orang makan dengan porsi yang terisi penuh,  tetapi  berbeda dalam food photography tidaklah demikian, karena porsi makanan dengan jumlah yang sedikit akan membawa lebih banyak perhatian pada makanan. Dan juga porsi makanan yang sedikit memberikan gambaran yang menariki pada sebuah makanan. Karena itu, ada baiknya memberikan ruang yang cukup bagi audiens untuk melihat-lihat objek dari setiap foto makanan yang kita potret. Maka semakin banyak komponen yang anda tampilkan pada foto anda bisa memperumit atau membuat gambar tidak jelas dan kurang fokus. Maka dari itu, pertahankan kesederhanaan makanan yang hendak anda tampilkan untuk memberikan hasil yang menarik dan menakjubkan.

  • Facebook
  • Twitter
  • Google+
  • Pinterest

7.Menampikan bahan dasar dari makanan

Teknik yang bisa menambah kesan pada makanan, yaitu dengan menambahkan bahan dasar dari makanan tersebut. Seperti, yogurt berasal bluberry di dikelilingi dengan buah bluberry asli sebagai tambahan visual pada yogurt. Dan hasilnya pun sangat menakjubkan, karena perpaduan warna dari yogurt dan buahnya sangat harmonis dan selaras

8.Foto Yang beraksi

Cobalah anda  merekam moment di saat ada aksi yang sedang dilakukan oleh penyaji makanan. Misalnya kita memarut coklat dan menaburkannya di atas sebuah kue atau menaburkan gula halus diatas roti  yang bisa menambah impact yang luar biasa ke foto anda. Bisa juga  seperti memotong, atau menyeduh sup dapat dicoba.

9.Menata Objek  pada makanan

Jangan lupa kita juga bisa menata objek atau makanan yang ingin dipotret. Tatalah makanan dengan semenarik mungkin. Gunakanlah dekorasi lain bisa berupa peralatan makanan untuk mempercantik tampilannya. supaya objek terlihat lebih detail  dan menarik, mungkin juga untuk membelah makanan agar terlihat lebih lezat dan menarik. Kita juga bisa menambahkan sentuhan personal dengan cara memegang piring makanan.

  • Facebook
  • Twitter
  • Google+
  • Pinterest

.