Sebelumnya pasti Anda sudah tahu apa itu After Effect.? Iya benar, After Effect merupakan sebuah piranti lunak yang dikembangkan oleh Adobe untuk membuat animasi, compositing, motion graphic dan efek visual. Adobe After Effect ialah sebuah software yang banyak digunakan untuk kebutuhan Motion Graphic Design dan semua jenis animasi.

       Lalu apa itu Optical Flares.? Optical Flares adalah sebuah plugin pemanis yang digunakan untuk melengkapi effect-effect di dalam software After Effects, misalnya seperti efek preset cahaya yang sangat menarik dan objek 3d. Efek pencahayaan pada Optical Flare juga bisa diganti ganti warna dan tampilannya. PlugIn ini sebenarnya berbayar tapi Anda bisa mendownload secara gratis di videocopilot.net. Selain itu, apabila sebuah software After Effects sudah terinstall plugin Optical Flares, maka Anda tidak perlu mendownloadnya lagi, cukup membukanya dan menikmati effect – effect yang ada didalamnya.

  • Facebook
  • Twitter
  • Google+
  • Pinterest

Disini Saya akan langsung memberikan tutorial cara untuk menginstall Plugin Optical Flares di Adobe After Effect yang bisa Anda ikuti langkah – langkahnya berikut ini:

  1. Pastikan sebelumnya sudah terinstall software Adobe After Effect.
  2. Kemudian download Plugin Optical Flares yang bisa Anda dapatkan di sini
  3. Setelah itu extract file tersebut.
  4. Lalu pindahkan folder Optical Flares ke C:\Program Files\Adobe\Adobe After Effects CS4\Support Files\Plug-ins
  5. Klik Run As pada Optical Flares Crack.exe.
  6. selanjutnya Buka lagi Software After Effects lalu pilih New Composition > New Layer dan pilih Effect Video Copilot Optical Flares.
  7. Copy code yang muncul dan pastekan di

    • Facebook
    • Twitter
    • Google+
    • Pinterest
  8. Kemudian pilih Generate License dan simpan di C:\Program Files\Adobe\Adobe After Effects CS4\Support Files\Plug-ins\Optical Flares.
  9. Selanjutnya klik simpan dan buka lagi After Effectsnya maka sudah jadi plugin Optical Flaresnya.
  10. Untuk mencarinya cukup mudah seperti langkah sebelumnya buka After Effect lalu pilih New Composition -> New Layer > Pilih Effect Video Copilot > Optical Flares, pilih Options untuk mennganti effect yang Anda suka.

Demikian tutorial yang dapat saya sampaikan pada ulasan kali ini, mudah – mudahan tutorial kali ini bermanfaat dan bisa membuat Anda menjadi lebih paham tentang bagaimana cara menginstall Optical Flares di After Effects.