Apakah Sebuah Seni?

Yah pada artikel kali ini saya ingin menulis tentang seni, mungkin semua orang dapat mendefinisikan seni seperti apa yang mereka pelajari pada saat SMA, ataupun SMP. Seni merupakan suatu karya, cipta manusia yang mepunyai nilai estetika dan ekonomis. Yah itulah pengertian saya tentang seni ketika SMA. Namun setelah saya membaca berbagai buku dengan tema berkaitan dengan seni, saya baru menyadari bahwa seni lebih luas daripada hanya sebuah gambar, lukisan, kerajinan,dll. Karena menurut saya seni itu adalah suatu pemikiran manusia dimana mereka menemukan hal baru yang mempunyai sebuah nilai, baik itu nilai kegunaan, nilai estetika, nilai ekonomis, dan ataupun hanya sebuah cara ataupun sebuah langkah-langkah cerdas. Kenapa saya mendefinisikan seni seperti itu? Karena saya mambaca beberapa buku yang berperan besar dalam menciptakan pikiran saya yakni seperti :

  1. Ways of knowledge and experience (1961, Louis Arnaud Reid)

Louis Arnaud Reid merupakan orang pertama yang menerima gelar professor dalam pendidikan filsafat di Inggris pada tahun 1947. Dimana dalam bukunya ia menulis beberapa point penting salah satunya yakni : Perwujudan nilai Reid menanyakan apakah hal yang direpresentasikan oleh seni? Seni mempunyai makna sebagai hasil buah pikiran yang berasal dari pengalaman hidup. Dengan itu apa yang ingin diekspresikan oleh seni? Apakah suatu fakta dari dunia atau hanya sebuah pengalaman?, adakah konsep tentang penderitaaan, moralitas, cinta yang perasaaan manusia lainnya?, apakah ia sebuah emosi atau perasaan?. suatu seni mengekspresikan feeling-about-thing atau thing(facts,ideas,anything)-as-felt, dan bukan sebuah konsep,fakta,emosi ataupun perasaan. Sumber kehidupan dari seni ialah fakta, gambar,peristiwa,konsep yang dialami oleh perasaan manusia.

  1. The Sense Of Beauty (1896, George Santayana)

George Santayana lahir di Madrid, Spanyol. Namun dibesarkan dan mengajar di AS. Pada bukunya yang berjudul The Sense Of Beauty ia menulis tentang keindahan dalam istilah seni sebagai suatu karya-karya yang Indah atau memiliki nilai Estetika. Keindahan adalah suatu nilai yang dinikmati dan dirasakan manusia, dan bukan hanya sekedar suatu persepsi. Definisi keindahan Ada yang menyatakan bahwa keindahan adalah hal yang benar, yakni sesuatu yang ideal,simbol dari kesempurnaan dari sang ilahi dan bersumber dari hal yang baik. Para penulis pada masa dulu sering menamakan filsafat suatu keindahan sebagai kritisisme, karena kritik merupakan apresiasi tentang karya seni. Namun untuk menikmat keindahan bukan dengan kritikan namun dengan merasakan dan menikmati. Karena kritik lebih menekankan pada penilaian yang disengaja dan sebuah standart. Yang indah jarang dipandang begitu. Yang indah selalu bebas dan tidak dapat dikerangkakan dalam suatu pemikiran atau standart suatu keindahan.   Objektivitas suatu keindahan Keindahan adalah suatu nilai. Keindahan dfilihat sebagai kenikmatan estetik yang objectification. Artinya transformasi suatu elemen sensasi pada kualitas obyek. Sering orang mengaitkan keindahan harus ada dalam suatu obyek seperti warna, bentuk dan ukuran. Namun hal tersebut bertentangan dengan arti keindahansebagai suatu nilai yang tidak mempunyai eksistensi yang dapat berdiri sendiri. Keindahan hanya ada dalam persepsi orang. Emosi berpotensi untuk diobjectification. Begitu juga impresi duniawi. Keindahan merupakan suatu elemen dari emosi. Kebanyakan kenikmatan yang disebabkan oleh obyek yang dipisahkan dari persepsi obyek itu sendiri. Kenikmatan dipisahkan dalam waktu dari persepsi dimana ia disadari sebagai efek yang timbul dalam diri manusia dan bukan sebagai kualitas suatu obyek. Tetapi sekiranya suatu persepsi itu menyenangkan, maka sulit untuk  memisahkan antara persepsi dan obyek. karena kesenangan terikat rapat dengan obyek, ia menjadi suatu kualitas obyek. Itulah apa yang kita sebut sebagai keindahan.   Itulah yang dapat saya tuliskan pada artikel kali ini. Hal diatas hanya sebuah pemikiran yang disadari oleh penulis, dan tidak dijadikan sebagai suatu pedoman karena intinya suatu seni merupakan gambaran dan cerita dari pribadi sendiri. Apabila ada kesalahan dalam penulisan mohon dimaklumi. Wassalamu’alaikum wr.wb