Menurut anda, apa yang lebih penting untuk menghasilkan sebuah foto yang baik? Kamera dan asesorisnya, ataukah momentnya?

Saya mencoba melakukan survey kecil-kecil melalui jajak pendapat di Facebook. Hasilnya adalah 13% memilih kamera dan asesorisnya, dan 87% memilih momentnya. Hasil ini merupakan hasil pemikiran umum yang banyak terjadi dalam masyarakat kita.

  • Facebook
  • Twitter
  • Google+
  • Pinterest

Apakah itu benar atau salah? Tidak penting membahas apakah hasil jajak pendapat itu benar atau salah. Itu menyatakan gambaran pengertian masyarakat dalam fotografi. Tidak ada yang salah dalam hal itu. Mungkin hanya perlu sedikit koreksi bahwa apapun pilihannya, percayalah bahwa itu yang terbaik buat anda. Mari kita bahas tentang pilihan-pilihan ini.

Kamera adalah peralatan utama dalam fotografi. Tidak mungkin kita memotret tanpa kamera. Namun, menganggap bahwa foto yang bagus hanya bisa diperoleh dengan kamera yang mahal atau kamera dengan merek dan spesifikasi tertentu, perlu kita pertanyakan lagi. Sebagus apapun kamera yang kita pegang, kalau kita tidak mendapatkan moment yang baik, kita tidak perhatian pada pencahayaan, fokus dan lain hal yang menjadi dasar terbentuknya foto yang bagus, ya tetap saja kita tidak bisa maksimal. Ini yang menjadikan tidak banyak yang memilih kamera dan assesorisnya sebagai bagian yang lebih penting dari moment.

Sebaliknya, banyak yang lebih memilih moment lebih penting dari kamera. Mereka ini percaya bahwa dengan kamera apapun asal mendapatkan moment yang bagus akan tetap menghasilkan foto yang bagus. Ini benar, tetapi tidak selamanya begitu. Ada teknik-teknik fotografi yang membutuhkan assesoris kamera yang khusus dan tidak mengandalkan moment, seperti foto still life. Lagipula, moment tidak selamanya harus ditunggu, bisa juga kita membuat moment.

Nah, apapun pilihan kita, sebaiknya kita sama-sama mengerti dan belajar.