JARINGAN MULTIMEDIA

Pada zaman saat ini kemajuan teknologi mendorong semua aspek untuk berkembang menjadi lebih praktis. Salah satunya yaitu dalam penyampaian informasi. Pada Jaman dahulu penyebaran informasi sudah sangat beragam, namun masih sangat berjalan lambat. Yaitu komunikasi dengan cara penyampaian satu persatu, dan kemuadian berkembang dengan menggunakan koran dan penyebaran informasi yang lebih cepat. Perkembangan dalam menyebarkan informasi berkembang dengan adanya televisi dimana kita sudah dapat mendapatkan informasi dalam bentuk suara, gambar, grafik dan video. Hal ini sudah mencapai tahap penyebaran informasi melalui multimedia.

Pada jaman sekarang, multimedia digunakan dalam berbagai hal, yaitu seperti kartu ucapan selamat, album foto, konfrensi, katalog, film, bahkan internet. Multimedia merupakan suatu medium baru untuk melakukan komunikasi dimana didalamnya mengandung tiga aspek penting yaitu suara, tulisan dan gambar yang digunakan untuk mempresentasikan informasi secara lebih interaktif dan dinamis. Multimedia merupakan suatu kombinasi gambar, animasi, video dan suara yang disampaikan melalui digital yang dikontrol secara interaktif.

Sistem multimedia memiliki dasar karakteristik seperti Informasi yang dipresentasikan secara digital, multimedia merupakan sistem yang dikontrol oleh computer dan bersifat interaktif

Sebelum kita berbicara lebih dalam mengenai jaringan multimedia, lebih dulu kita musti paham apa itu jaringan komputer. Jaringan komputer merupakan beberapa computer dan perangkat pendukung yang saling berhubungan satu sama lain. Dengan menggunakan jaringan computer kita dapat melakukan pengiriman data dengan menggunakan media kabel atau nirkabel.

Itu tadi merupakan penjelasan singkat mengenai jaringan computer, selanjutnya adalah apa itu jaringan multimedia, arti kata multi yaitu banyak dan media yaitu sesuatu yang dapat digunakan untuk mendistribusikan sebuah informasi. Multimedia disini juga dapat diartikan sebuah penggunaan pada computer yang digunakan untuk menampilkan grafik, video, audio, teks dan gambar untuk melakukan suatu interaksi. Contoh pengaplikasian multimedia yaitu seperti youtube, dan website.