• Facebook
  • Twitter
  • Google+
  • Pinterest

Di artikel ini kita akan membahas segala hal tentang jaringan multimedia. Jadi, buat kamu yang masih baru dengan jaringan multimedia, cocok banget baca artikel ini.

Pertama kita perlu tahu definisi dari jaringan multimedia sendiri. Jaringan multimedia beradasal dari 2 kata yaitu jaringan dan multimedia. Jaringan merupakan sekumpulan computer, serta perangkat-perangkat lain pendukung computer yang saling terhubung dalam suatu kesatuan. Kemudian multimedia merupakan alat (lebih dari satu) untuk mendistribusikan dan mempresentasikan informasi. Sehingga jaringan multimedia dapat berarti penggunaan computer yang terhubung satu sama lain untuk mengkombinasikan teks, grafik, audio, video, dan animasi dengan menggunakan link dan tool yang memungkinkan pemakai untuk melakukan navigasi, interaksi, dan komunikasi satu sama lain.

Multimedia juga memiliki ruang lingkup yang cukup luas, diantaranya :

  1. Teks

Teks merupakan alat komunikasi yang utama, bahkan jauh sebelum ditemukannya mesin cetak. Dengan perkembangan teknologi multimedia, teks dapat dikombinasikan dengan media lain dengan cara yang lebih powerful dan bermakna untuk menyajikan informasi.

  1. Grafis

Komponesn grafis merupakan unsur yang mendominasi dalam sebuah tampilan atau presentasi. Jenis dari grafis sendiri antara lain flow chart, photos, charts, backgrounds. Grafis dapat berfungsi sebagai ilustrasi dalam menjelaskan konsep-konsep, ilustrasi lokasi, menjelaskan proses, dan lain sebagainya.

  1. Digita Audio

Digital audio adalah teknologi untuk merekam, menyimpan, dan memproduksi suara dengan meng-encode sinyal audio dalam bentuk digital daripada analog.

  1. Digital audio

Digital audio merupakan sistem perekam digital yang bekerja menggunakan sinyal video digital daripada sinyal video analog.

  1. Animasi merupakan simulasi gerakan yang ditunjukan dengan kumpulan gambar atau frame.

Ilmu mengenail jaringan multimedia sebenarnya masih sangat luas. Terdapat banyak hal yang perlu dipelajari lebih dalam. Untuk kalian yang masih baru di dunia jaringan multimedia, semoga artikel ini bisa membantuk untuk memahami secara umum dunia jaringan multimedia.