Di jaman dahulu cara manusia menyebarkan informasi sangat beragam namun masih sangat lambat dan tradisional. Namun kini kemajuan teknologi yang sangat cepat mendorong semua aspek untuk berkembang ke arah yang lebih praktis. Bisa kita lihat pada sistem penyebaran informasi mulai dari teknologi telepon, radio, televisi, sampai ke era digital yaitu internet.

Informasi-informasi yang kita konsumsi sehari-hari ini dapat dalam bentuk suara, gambar, grafik, teks dan juga video. Pada tahap inilah yang disebut tahap multimedia. Multimedia memiliki arti yaitu pemanfaatan beberapa media yang digabungkan menjadi satu berupa  teks, audio, grafik, animasi, dan video. Cara pemanfaatannya adalah dengan menggunakan  komputer sebagai alat yang memungkinkan untuk berkomunikasi, berinteraksi, dan berkreasi. Sedangkan, Jaringan multimedia itu adalah sekumpulan komputer yang saling berhubungan antara satu dengan yang lainnya dengan menggunakan media komunikasi sehingga saling berbagi data , informasi, program, dan perangkat keras dengan beberapa media yang berbeda untuk menggabungkan dan menyampaikan informasi dalam bentuk teks, audio, grafik, animasi, dan video.

Banyak sekali manfaat yang dapat diambil dari adanya jaringan multimedia era ini. Sebagai contoh adalah:

Hiburan

Multimedia digunakan memvisualisasikan kreasi dalam bentuk gambar maupun video, banyak sekali platform video dan image seperti YouTube, Instagram, Pinterest, Indoxxi, dan masih banyak lagi yang menggunakan jaringan multimedia sebagai penyampaiannya.

 

Animasi 

Animasi merupakan kumpulan gambar yang memiliki alur cerita gambar yang berbeda-beda untuk setiap frame-nya yang ditampilkan secara bergantian sehingga akan terlihat bergerak. Pada hakikatnya animasi adalah  menampilkan beberapa gambar  dalam durasi tertentu, dan akan disimpan dalam bentuk gambar bergerak atau video dengan format-format tertentu.

 

Penyajian informasi

Multimedia juga dimanfaatkan dalam penyajian informasi berupa teks. Bisa dalam bentuk e-book, ensiklopedia, blog, koran online, dan masih banyak lagi.

Web

Web juga termasuk dalam penggunaan multimedia sebab web juga menggunakan internet serta menyampaikan informasi secara digital berupa teks, gambar, suara maupun video.

 

Digital Video Broadcasting

Digital Video Broadcasting merupakan revolusi besar dalam dunia internet. Karena saat ini banyak orang ingin mengakses informasi dalam bentuk video. Komponen yang penting pada Digital Video Broadcasting adalah kebutuhan downling dan downstream, uplink dan upstream.

 

Radio

Radio juga termasuk multimedia karena saat ini radio tidak hanya menggunakan frekuensi atau disiarkan secara analog namun berkembang ke sistem streaming melalui server tertentu.

 

Dan masih banyak lagi.

 

Dengan beberapa contoh di atas, dapat kita sadari bahwa multimedia memberikan kemudahan dalam menginterpretasikan informasi yang ditampilkan. Multimedia menyediakan tempat kepada kita untuk mebuat, memproses dan menyebarkan informasi dengan kehendak kita. Dan dapat kita simpulkan juga bahwa multimedia berperan penting dalam media informasi masyarakat era digital ini, karena lewat jaringan multimedia, informasi dapat tersebar secara cepat sehingga masyarakat menjadi up-to-date mengenai informasi saat ini.

 

Jana Clarita-4103161052