Setiap orang di dunia ini pasti memiliki perbedaan. Masing-masing memiliki potensi dan bakat yang berlainan dan mungkin bersifat unik. Terdapat beberapa orang yang dengan baik mampu mengenali dan mengembangkan potensi atau bakat yang dimilikinya. Namun tidak sedikit juga orang yang bahkan belum menyadari akan potensi dan bakat yang dimilikinya.Sama hal nya dengan bakat dan potensi, faktor “X” melekat pada diri manusia.Masing-masing manusia memiliki faktor “X” yang berbeda dalam faktor ukuran.Terkadang ada manusia atau orang yang memiliki faktor “X” yang kecil, terkadang ada pula manusia atau orang yangmemiliki faktor “X” yang cukup besar. Besar kecilnya ukuran faktor “X” ini ditentukan olehseberapa jauh seseorang menggali dan mengembangkan faktor “X” tersebut. Faktor “X” yang melekat pada diri manusia ini memiliki pengaruh terhadap suatu usaha. Namun, tanpa penggalian dan pencarian akan faktor “X” itu sendiri, semuasia-sia. Faktor “X” dapat dikatakan berpengaruh pada usaha apabila seseorang yang memilikinya telah menemukan kunci atau pintunya.  Awalnya faktor X tidak ada atau sangat kecil sekali, namun apabila kita tekun maka faktor tersebut akan muncul dan tumbuh karena ia hidup. Karena ia hidup, ia pun dapat mati.

Cara menemukan dan menggali faktor “X” yang dimiliki, ada bermacam-macam. Namun menurut saya, yang terpenting dalam menemukan dan menggali faktor “X” itu sendiri adalah rasa tidak cepat puas. Rasa tidak cepat puas disertai dengan keingintahuan yang besar membuat kita berusaha untuk mencari yang lebih lagi. Dengan demikian, kita dapat menemukan faktor “X” yang kita miliki. Orang dengan keingintahuan yang besar dan sikap yang tidak cepat puas ini akan mendorong dirinya untuk menemukan hal-hal baru dan bahkan memecahkan tantangan baru dan semakin mengembangkan faktor “X” yang dimiliki. Terdapat beberapa tips untuk menemukan dan menggali faktor X tersebut, yaitu :Kenalilah diri Anda sendiri dan mulailah menimbulkan “X” pada diri Anda .Carilah pintu yang mampu membuat “X” Anda tumbuh.Datangi dan ketuklah masing-masing pintu itu .Pintu yang bagus adalah pintu yang di dalamnya terdapat ruang besar bagi Anda untuk berkembang dan di dalamnyaterdapat pintu-pintu lain yang dapat Anda buka. Waspadailah hidup yang nyaman, karena hidup yang demikian dapat membuat hidupmu sulit. Berselancarlah pada gelombang-gelombang ketidaknyamanan dengan berani menembus hal-hal baru yang sulit karena Anda akan mendapatkan pembejaran-pembelajaran baru. Pintu yang tepat adalah pintu yang membuat Anda merasa mampu untuk tumbuh dan memberi ruang untuk berkembang.

Mungkin ini sedikit cara untuk bagaimana cara Cari, Kenali, Pahami apa itu Faktor X yang ada pada diri Anda semoga setelah membaca ini kita semua dapat mengerti apa itu Faktor X.